Top Mortar Semen Instan
Home Bisnis Pertumbuhan UMKM Melalui Inovasi Bisnis dan Perkembangan Start-up di Indonesia

Pertumbuhan UMKM Melalui Inovasi Bisnis dan Perkembangan Start-up di Indonesia

0
Pertumbuhan UMKM Melalui Inovasi Bisnis dan Perkembangan Start-up di Indonesia

Dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia dan memungkinkan mereka bersaing di pasar global, langkah-langkah strategis terus dilakukan. Salah satu pendekatan yang diambil adalah melalui pengembangan bisnis dan start-up.

Diskusi yang bertajuk ‘Road To Indonesia Startup Ecosystem Summit 2023’ yang diadakan di Solo Technopark, Surakarta, dan disiarkan langsung melalui Kanal Youtube Kemenkop UKM, menghadirkan empat menteri kabinet Jokowi pada Jumat (11/8/230).

Keempat menteri yang hadir dalam diskusi tersebut adalah Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, serta Menteri Komunikasi dan Informasi, Budi Arie Setiadi. Diskusi ini dipandu oleh Putri Tanjung.

Membuka Akses Pasar Internasional

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam pemaparannya, menjelaskan bahwa Kementerian Perdagangan sedang berupaya membuka akses pasar internasional dengan 45 negara melalui Perwakilan Dagang. Akses ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM Indonesia.

“Kami telah menyelesaikan 35 perjanjian dagang, termasuk dengan ASEAN, Timur Tengah melalui UEA, dan Amerika Latin melalui Meksiko,” kata Zulkifli pada Jumat (11/8/2023).

Zulkifli juga menekankan upaya Kementerian Perdagangan dalam membentuk ekosistem perdagangan digital yang melibatkan empat pilar: UMKM, ritel modern, marketplace, dan lembaga pembiayaan. Regulasi yang tepat juga tengah dikembangkan untuk mengatur perdagangan elektronik (e-commerce) guna mendukung pertumbuhan UMKM Indonesia.

Langkah ini termasuk penyempurnaan Permendag Nomor 20 Tahun 2020 untuk menjaga agar produk luar negeri tidak menghambat pasar dalam negeri.

Penguatan Produsen dan UMKM

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, mengungkapkan fokus pihaknya pada penguatan produsen dan UMKM. Namun, ia menggarisbawahi pentingnya dukungan dari Kementerian Perdagangan agar produk-produk dalam negeri dapat tetap bersaing dengan barang impor.

Teten mengingatkan tentang perlunya pengaturan ketat terkait produk yang masuk ke pasar, termasuk izin dari BPOM dan izin halal.

Menteri Komunikasi dan Informasi, Budi Arie Setiadi, menjelaskan bahwa pasar global telah semakin ketat dalam persaingan dagang. Ia juga menyoroti perlunya memanfaatkan potensi Indonesia untuk menjadi negara maju, sambil berhati-hati terhadap tingkat kegagalan start-up yang signifikan.

“Transformasi dan inovasi adalah kunci utama dalam dunia digital,” kata Budi.

Dalam konteks peningkatan UMKM dan persaingan di pasar global, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyatakan bahwa upaya yang telah dilakukan pemerintah adalah bagian dari langkah untuk membantu UMKM mencapai kelas yang lebih tinggi. Ia menggarisbawahi pentingnya kerjasama, inovasi, dan transformasi dalam mendorong pertumbuhan.

Exit mobile version