Gurihnya Bisnis Franchise Warteg

(Dok: wartegkharismabaharigrup.com)

Jakarta – Bisnis warteg menjadi bisnis yang tidak ada matinya. Menu yang beragam, cita rasa masakan rumahan, dan harga yang merakyat menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha warteg.

Warteg menjadi salah satu warung makan yang hampir bisa kita temui di setiap kota atau daerah. Warung makan yang identik dengan pasar kelas menengah ke bawah ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Beberapa tahun belakangan bisnis francise warteg mulai terlihat di beberapa daerah di Jabotabek. Bisnis franchise warteg bisa menjadi pilihan usaha karena bisa lebih efisien dari pada membuka bisnis warteg sendiri. Selain bisa menekan biaya operasional, franchise warteg juga bisa mendatangkan keuntungan yang lebih maksimal.

Franchise warteg sama seperti franchise atau bisnis waralaba lainnya. Beberapa warteg yang telah berdiri lama dan memiliki nama membuka sistem kemitraan berbayar dengan berbagai penawaran fasilitas yang menguntungkan.

Biasanya, franchise warteg menyediakan sistem paket dari skala kecil hingga skala besar. Penawaran fasilitas yang ditawarkan biasanya berupa renovasi tempat, alat masak, perabotan, etalase, juru masak, dan karyawan. Selain itu, ada juga paket yang menawarkan sistem pengiriman lauk pauk sesuai lokasi yang disediakan.

Untuk menghitung kisaran modal franchise warteg ini, kita perlu mengetahui beberapa jenis kemitraan yang ditawarkan oleh beberapa franchise warteg yang ada. Selain itu, ada juga franchise yang belum menyediakan tempat, sehingga kita harus menyediakan lokasi untuk warteg tersebut.

Beberapa franchise warteg yang banyak diminati antara lain sebagai berikut.

  1. Franchise Warjak

Warjak atau Warung Jakarta adalah salah satu warteg di Jakarta yang menyediakan paket kemitraan. Bisnis franchise milik Hendra Hudiono dan Martin Kauw ini mulai berdiri sejak tahun 2016. Warjak kini telah memiliki mitra sebanyak 79 gerai mitra.

Paket yang ditawarkan oleh Warjak ini cukup bervariasi mulai dari paket menu makanan sebanyak 30 menu, etalase, meja makan, bangku makan, piring, sendok, centong, kertas nasi, dan lainnya.

Namun, Warjak tidak menyediakan tempat atau lokasi untuk membuka warungnya. Anda harus menyiapkan lokasi sendiri di daerah Jakarta.

Harga paketnya pun relatif terjangkau karena tidak termasuk biaya lokasi yakni sebesar Rp10,5 juta.

Jika Anda bergabung dengan franchise Warjak, Anda bisa menyiapkan modal dengan rincian sebagai berikut.

• Biaya paket Franchise Warjak: Rp10,5 juta.
• Biaya sewa lokasi: Rp15-20 juta.
• Biaya karyawan: Rp3 juta (2 karyawan).
• Biaya listrik dan air: Rp500 ribu.

Jadi, total kisaran modal franchise warteg awal yang harus Anda siapkan adalah sebesar Rp29-34 juta.

  1. Franchise Warteg Kharisma Bahari

Franchise Warteg Kharisma Bahari merupakan franchise yang digawangi oleh Sayudi asal Jawa Tengah sejak tahun 2008 lalu. Kini, bisnis kemitraan Warteg Kharisma Bahari telah mencapai 250 mitra.

Franchise warteg ini menawarkan beberapa pilihan paket antara lain paket warteg kecil, sedang, besar, dan super. Warteg Kharisma Bahari juga menyediakan fasilitas lokasi dalam paket kemitraannya. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi menyewa tempat atau lokasi untuk membuka warteg.

Sistem pembayaran pembelian paket franchise warteg ini bisa dilakukan dengan cara dicicil. Anda bisa membayar uang muka atau DP (Down Payment) sebesar 50 persen dari harga paket yang Anda beli.

Jika Anda ingin bergabung dengan franchise warteg ini, Anda bisa menyiapkan kisaran modal awal sebesar Rp130 juta untuk paket satu outlet warteg. Namun, biaya ini belum termasuk biaya sewa tempat/kiosnya.

Sistem pembagian labanya dari franchise ini adalah 50-50 yakni laba bersih dibagi dua, 50 persen untuk pengelola dan 50 persen untuk investor.

  1. Franchise Warteg Mamoka Bahari

Franchise Warteg Mamoka Bahari masih menjadi bagian dari Kharisma Group yang menaungi Kharisma Bahari. Meski begitu, Mamoka Bahari menawarkan desain warung makan yang memberikan kesan elegan, bersih, dan nyaman, dengan interiornya serba keramik.

Franchise yang dikelola oleh Toro Mamoka ini menawarkan beragam paket kemitraan mulai dari paket kecil untuk pemula, paket sedang, paket besar, dan paket super.

Untuk bermitra dengan warteg berkonsep modern ini, Anda bisa menyiapkan modal mulai dari Rp100 juta. Dengan modal ini, Anda sudah mendapatkan berbagai fasilitas mulai dari tempat, peralatan, hingga menu makanan yang dijual.

  1. Franchise Wowteg

Jika biasanya konsep warteg adalah warung makan sederhana, maka Wowteg menyediakan konsep yang berbeda. Franchise warteg yang satu ini mengusung konsep rumah makan kekinian yang lebih higienis.

Wowteg digawangi oleh Sour Sally Group. Kisaran modal franchise warteg yang satu ini memang lumayan besar. Harga kemitraan yang ditawarkan mencapai Rp250 juta. Harga ini sudah termasuk booking fee.

Dari biaya kemitraan ini, Anda akan difasilitasi training karyawan, POS System, peralatan, renovasi kedai, initial supply, hingga marketing tools. Selain itu, Anda juga bisa memilih kategori tempat yang ditawarkan yakni kategori “canteen” dengan luas 12 meter persegi dan kategori “street level” dengan luas hingga 30 meter persegi.

Konsep modern yang ditawarkan ini juga dilengkapi dengan central kitchen yang menyediakan aneka menu yang dimasak oleh juru masak atau koki profesional. Menu-menu ini akan dikirim langsung ke setiap gerai mitra.