Dukung Pegiat Usaha Tradisional, Tokopedia Rayakan Dua Tahun Mitra Warung

0
8

Selama dua tahun, Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia telah mempermudah pegiat usaha tradisional — termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya — mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.

Head of New Retail Tokopedia, Doni Nathaniel Pranama mengatakan, “Kami telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan paling luas di Indonesia.”

Berbagai dampak positif dirasakan para pemilik warung berdasarkan survei yang dilakukan terhadap ribuan Mitra pada Oktober 2020. Hampir 80% pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya yang bergabung menjadi Mitra Tokopedia meraih keuntungan tambahan lebih dari 2x lipat.

Dampak Ekspansi Bisnis

Dampak Keuntungan Usaha

Dampak Efisiensi Usaha

Dampak Kesejahteraan Mitra

  1. Lebih dari 80% Mitra Tokopedia meraih lebih banyak pelanggan.
  2. 8 dari 10 Mitra Tokopedia berhasil menambah jumlah stok warung.
  3. 9 dari 10 Mitra Tokopedia berjualan lebih banyak jenis produk di warungnya.

(paling laris: pulsa, listrik, PDAM, BPJS dan voucher game).

 

 

 

 

Hampir 80% Mitra meraih keuntungan tambahan lebih dari 2x lipat setelah bergabung menjadi Mitra Tokopedia.

 

 

 

Hampir 100% Mitra menghemat biaya transportasi lebih dari Rp50.000 per minggu dengan memanfaatkan fitur Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia.

  1. Lebih dari 25% Mitra Tokopedia kini punya waktu lebih bersama keluarga.
  2. Lebih dari 40% Mitra Tokopedia dimudahkan dalam berbisnis.
  3. Lebih dari 40% Mitra Tokopedia menjadi lebih melek teknologi.
  4. Lebih dari 50% Mitra Tokopedia bisa lebih mandiri secara finansial.

Dampak Kehidupan Ekonomi

Dampak Inklusi Keuangan Digital

Persentase Jumlah Mitra Tokopedia

Peran Mitra Tokopedia dalam Pandemi

 

 

5 dari 10 Mitra Tokopedia kini punya tabungan tambahan.

 

Lebih dari 35% Mitra Tokopedia sudah memanfaatkan transaksi non-tunai/dompet digital.

 

Jumlah mitra perempuan dan laki-laki di Mitra Tokopedia hampir seimbang.

Hampir 25% dari Mitra Tokopedia masih tetap bisa mendapatkan pemasukan bulanan walaupun sudah tidak bekerja lagi sebagai karyawan.

Di sisi lain, pegiat usaha tradisional bisa merasakan beragam kemudahan. Mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan pembayaran hingga kehadiran sejumlah fitur, seperti Grosir dan Penjualan Produk Digital.

Isi Stok Warung Mudah, Cepat dan Efisien lewat Fitur Grosir

Fitur Grosir, yang telah tersedia di lebih dari 75 kota di Indonesia, membantu pemilik warung membeli stok dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Data internal Tokopedia mencatatkan hampir 100% Mitra Tokopedia menghemat biaya transportasi lebih dari Rp50.000 per minggu dengan memanfaatkan fitur Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia.

Mostakim, pemilik usaha warung di Bogor, yang telah bergabung menjadi mitra di Tokopedia sejak Februari 2020, mengatakan, “Biasanya harus tutup warung sekitar 3 jam untuk belanja ke pasar. Sejak jadi Mitra Tokopedia tidak perlu lagi karena belanja stok bisa dari hp. Barang langsung dikirim ke warung dengan cepat.”

“Pendapatan bulanan warung saya jadi meningkat hingga Rp5 juta karena Mitra Tokopedia. Selain jualan, saya bisa sekalian menabung untuk dapat poin lewat fitur Poin Hadiah. Saya bisa tukar poin yang didapat setiap transaksi dengan hadiah, seperti emas atau kesempatan menang paket Umrah,” lanjut Mostakim.

Penjualan Produk Digital Semakin Diminati Selama Pandemi

Fitur Penjualan Produk Digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan lainnya, saat ini telah tersedia di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Bahkan kini masyarakat dipermudah dalam memenuhi kewajiban perpajakan, seperti membayar PBB, lewat warung dan toko kelontong.

Produk digital yang paling laris di Mitra Tokopedia selama pandemi adalah pulsa dan paket data, token listrik, PDAM, BPJS dan voucher game.

Ine Febrina, ibu rumah tangga asal Jakarta, yang bergabung menjadi Mitra Tokopedia pada Maret 2020, menjelaskan, “Selama pandemi, transaksi di warung saya meningkat signifikan. Dengan memanfaatkan fitur Grosir, pendapatan saya bisa mencapai puluhan juta tiap bulannya. Mitra Tokopedia juga memfasilitasi saya untuk bisa menambah pemasukan dengan berjualan produk digital.”

“Selain itu, melalui usaha warung, saya bisa membantu pengemudi ojek online yang sepi pelanggan. Para pelanggan yang tergerak untuk memberikan bantuan, mempercayakan saya untuk membagikan sembako bagi para pengemudi ojek online,” tambahnya.

Gerakan Warung Nasional Jilid II: Mitra Tokopedia #BangkitBarengWarung

Mitra Tokopedia akan terus memajukan pegiat usaha tradisional terutama yang saat ini terdampak pandemi. Salah satunya lewat Gerakan Warung Nasional (GWN) yang sudah diadakan dua tahun berturut-turut.

“Tahun ini, Tokopedia mengusung tema GWN #BangkitBarengWarung. Mengingat ekosistem warung merupakan bagian dari UMKM, penyokong lebih dari 60% perekonomian Indonesia,” tambah Doni.

Melalui #BangkitBarengWarung, Mitra Tokopedia menghadirkan tiga pilar kegiatan, yaitu mengenalkan aplikasi Mitra Tokopedia kepada masyarakat luas, terutama kepada yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, untuk membuka usaha Payment Point Online Bank (PPOB) dan warung.

Kedua, menghadirkan promo menarik di aplikasi untuk meningkatkan penghasilan. Terakhir, menghadirkan berbagai konten edukasi untuk memperlengkapi para pemilik warung maupun masyarakat yang kehilangan pekerjaan agar dapat berwirausaha bersama Mitra Tokopedia.