Ingin Bisnis Tumbuh?. Hindari Sifat Ini

0
78

Dalam bisnis, secanggih apapun strategi yang digunakan, sekeren apapun produknya, sebesar apapun pasarnya, bisnis tersebut GAK AKAN kemana-mana kalau pengusahanya punya 4 sifat ini.  Sifat-sifat yang kami sebutkan ini bisa menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Oleh sebab itu, hindari sifat ini jika ingin bisnis Anda tumbuh.

Sifat ini adalah BEJoO (Blame, Excuse, Justify, Ostrich). Apa maksudnya dan mengapa sifat ini harus dihindari? Ayo kita bahas satu persatu.

Pertama, Blame (menyalahkan orang lain)

Jadi pada dasarnya setiap orang harus bertanggungjawab atas semua pilihan yang mereka ambil, begitu juga dengan para pengusaha. Menjadi pengusaha, artinya kita harus siap dengan segala risikonya. Kalau jualan lagi sepi, jangan salahkan produknya. Mungkin hasil jualan seperti itu karena kurang belajar ilmunya.

Kalau pelanggan beli ke kompetitor, jangan salahkan kompetitor. Bukan kompetitor yang merebut pelanggan kita. Mungkin kita kurang interaksi dengan mereka, sehingga mereka lebih memilih order ke kompetitor.

Jadi setiap ada masalah cobalah introspeksi diri, jangan menyalahkan orang lain karena menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalah. Kalau seperti itu yang ada hanya tenaga, pikiran dan waktu akan terkuras, dan tentu saja bisnis tidak akan kemana-mana. Jadi jangan menyalahkan orang lain, fokus terhadap solusi adalah jalan terbaik untuk lolos dari setiap ujian.

Kedua, Excuse (sering membuat alasan)

Penghalang terbesar seseorang dalam mencapai sesuati adalah banyaknya alasan. Alasan-alasan pengusaha pemula rata rata seperti ini “Saya ingin memulai bisnis tapi gak punya modal, gak ada uangnya.” Padahal untuk  memulai bisnis ini gak perlu modal, kita bisa jadi perantara penjual (reseller), atau gunakan sistem Pre Order. “Saya ingin jualan online tapi saya gaptek.”

Orang yang beralasan gaptek ini sebenarnya hanya belum terbiasa. Jadi solusinya dibiasakan, nanti lama lama akan mahir dengan sendirinya. Caranya? Tanya teman, minta ajarin saudara, lihat tutorial, dan masih banyak cara lainnya.

Jadi jangan biarkan alasan menjadi penghalang dalam melakukan sesuatu. Ingat, semua bisa dipelajari, semua bisa diusahakan. Tugas manusia adalah berusaha, untuk hasilnya serahkan pada Allah.☺

Ketiga, Justify (merasa diri paling benar)

Seseorang jika sudah “merasa” benar, maka orang itu akan sulit menerina nasehat. Apapun itu nasehatnya akan mental, alias masuk kuping kiri, keluar kuping kanan. Ini karena dirinya merasa paling benar, merasa paling berkorban, merasa paling berjasa.

Orang-orang seperti ini termasuk golongan orang sombong. Kalau sudah sombong, ujungnya suka meremehkan orang lain. Jika sulit menerima nasehat dan suka meremehkan orang lain, bagaimana mau tumbuh? ☺

Terakhir, Ostrich (Tidak mau tau)

Tidak mau tau alias cuek. Dengan menjadi pengusaha maka kita akan selalu berhubungan dengan orang lain. Mulai dari pembeli, pelanggan, relasi, tim, dan sejenisnya. Selalu ingat bahwa kita akan diperlakukan seperti kita memperlakukan orang lain.

Kalau kita cuek, maka sekitar kita akan cuek kepada kita. Dan pengusaha yang cuek biasanya bisnisnya tidak bertumbuh.

Jadi begitulah, 4 Sifat yang perlu kita hindari jika ingin bisnis tumbuh.

  1. Jangan menyalahkan orang lain atas kegagalan yang kita alami. Menyalahkan orang lain tidak akan menyelesaikan masalah kita.
  2. Jangan banyak alasan, karena orang yang sibuk dengan alasan tidak sempat mencari solusi.
  3. Jangan mudah merasa paling benar, maka sulit menerima nasehay baik untuk mengembangkan bisnisnya.
  4. Jangan bersikap cuek karena dalam bisnis kita berinteraksi dengan orang lain.

Begitu ya, semoga materinya bermanfaat.

 

Oleh:

Tim entrepreneurID