Pertamina Bantu 121 Mitra Binaan Agar Berkembang

0
78

Dalam rangka peringatan bulan UMKM nasional, Pertamina secara rutin terus melakukan pelatihan sebagai bagian dari komitmennya untuk mendampingi mitra binaan supaya tumbuh dan berkembang. Pelatihan kali ini bertajuk “Branding Produk Anda Sudah Benar, Konsumen Akan Datang” dan diikuti oleh 121 orang mitra binaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan bahwa Pertamina terus melakukan berbagai pendampingan dalam program kemitraan untuk mendukung UMKM terus tumbuh dan berkembang menjadi pelaku usaha yang mandiri.  “Pertamina memberikan pembinaan salah satunya dengan mengadakan pelatihan kepada UMKM, dalam hal ini pelatihan Branding Produk yang bertujuan agar menarik minat konsumen untuk lebih mengingat, mengenali hingga merekomendasi produk kepada konsumen lainnya,” tutur Fajriyah.

Fajriyah menambahkan, Pertamina terus berupaya mendampingi mitra binaan untuk tumbuh dan berkembang, terutama agar bisa bangkit setelah menghadapi pandemi COVID-19.

Pelatihan kali ini menghadirkan Brand Consultant, Ainur Rofiq yang menekankan pentingnya branding bagi pelaku UMKM. Ainur Rofiq merupakan Branding Consultant dari Dbrandcom yang merupakan founder SIKUSIKU Studio serta PT ibrand dengan spesialisasi Product Design, Crafting Lab dan Brand Creator. Ainur Rofiq juga telah menangani lebih dari 200 Brand nasional dan internasional yang ada di Indonesia.  “Branding merupakan salah satu faktor yang cukup signifikan bagi calon pelanggan dalam memutuskan untuk membeli suatu produk,” ujar Ainur.

Proses branding sendiri, tambah Ainur, merupakan sebuah upaya untuk membentuk citra dan rasa keterikatan secara emosional antara pelanggan dengan merk produk, serta upaya untuk membedakan diri dari kompetitor.  “Salah satu upaya membentuk citra rasa adalah dengan membangun branding produk. Dengan melakukan upaya ini, pengusaha UMKM diharapkan dapat semakin menunjukan kualitas produk yang ditawarkan sekaligus meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pelanggan,” imbuhnya.

Para peserta sangat antusias, dan merasa sangat bermanfaat. Permata Kamila, pelaku UMKM dari Situbondo, mengatakan, sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini, sekaligus termotivasi untuk mempertahankan produknya.  “Pelatihan branding produk ini sangat membantu untuk semakin yakin membuat brand sendiri dan lebih percaya diri,” ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan Sarmauli pemilik UMKM Singkong Frozen dari Palangkaraya. Ia menyadari bahwa brand yang baik dan benar akan membuat pembeli produk usaha yang dijalaninya semakin bertambah. “Dengan pelatihan ini, saya semakin dilatih untuk tetap konsisten dan semangat dalam menjalankan usaha,” ujarnya.

Ia berharap, Pertamina terus memberikan pelatihan-pelatihan baik online maupun offline, karena pelaku UMKM sangat membutuhkan bimbingan dan ilmu untuk memajukan usahanya.

Seperti diketahui, program kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Pertamina agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasi Pertamina seperti diamanatkan dalam Sustainable Development Goals (SDGs) untuk dapat meningkatkan produktivitas ekonomi yang lebih tinggi.