Trik Mempertahankan Mitra Usaha

0
626
Menaklukkan Tantangan Berwirausaha (dok jurnal.id)
Pojok Bisnis

Pasang surutnya usaha adalah hal yang lumrah. Apalagi usaha tersebut adalah usaha makanan atau minuman yang begitu cepat berubah. Hal ini tak lepas dari terus bermunculan pelaku usaha baru yang menawarkan berbagai jenis makanan maupun minuman yang variatif. Tentu hal ini menarik konsumen yang juga adalah konsumen Anda sebelumnya.

Tak dimungkiri jenis makanan seperti Cireng ini bisa dibilang bisnis yang punya siklus cepat bosan jika tidak ada inovasi dan kreasi seperti menghadirkan rasa baru, menu baru hingga produk baru. Mungkin hal ini yang perlu disadari. Jualan jajanan tentu berbeda dengan usaha makanan pokok seperti ayam bakar dan lainnya yang merupakan kebutuhan pokok.

Bisa dibilang Cireng merupakan makanan tradisional yang menarik sehingga sempat booming beberapa waktu lalu. Namun, konsumen tidak akan mengonsumsi makanan itu setiap hari. Nah, seiring menurunnya ketertarikan konsumen yang membuat usaha ini mulai lesu dan pudar, saya coba paparkan beberapa trik membangkitkan geliat usaha waralaba yang sedang lesu:

  1. Lakukan strategi marketing yang tepat. Salah satunya adalah dengan memberikan layanan pesan antar, memberikan potongan harga hingga jualan dengan cara berpindah-pindah tempat (keliling dari kompleks ke kompleks, sekolah ke sekolah dst).
  2. Tentukan segmentasi pasar yang akan dibidik. Dengan jelasnya segmentasi pasar yang akan Anda tuju, Anda akan tahu ke mana Anda akan jualan.
  3. Sebaiknya jangan naikkan harga, namun tidak juga menurunkan kualitas produk yang Anda jual. Langkahnya adalah efisiensi dengan mengukur jumlah bahan baku yang bisa laku terjual sehingga menekan terbuangnya bahan baku jika tidak laku.
  4. Lakukan inovasi produk dengan menghadirkan berbagai macam produk, menu dan rasa baru. Seperti yang kita ketahui banyak pelaku usaha menghadirkan menu baru, menggabungkan usaha makanan dan minuman hingga melakukan re-branding dengan mendesain ulang gerai (booth) agar nampak seperti usaha baru.
  5. Cari jenis makanan atau minuman yang tengah diminati, caranya bisa melihat usaha apa yang tengah diminati atau tanyakan pada konsumen makanan dan minuman apa yang diinginkannya.
  6. Jangan sungkan bertanya pada orang yang lebih mengerti tentang usaha. Bisa bertanya pada pelaku usaha yang telah lebih dulu sukses.
  7. Dan lakukan hal serupa pada usaha yang dijalankan mitra agar mitra Anda bisa merasakan hasil yang sama.

Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan. Mudah diucapkan tapi tak banyak orang yang mau menjalankannya. Semoga bermanfaat.

Top Mortar gak takut hujan reels

 

Oleh: Ir. Achsan Permas, MBA

Lembaga PPM Manajemen

Jl. Menteng Raya 9, Jakarta Pusat

 

 

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.