Potensi Bisnis Berkembang Saat Pandemi Covid-19

0
1356

Meluasnya wabah Covid-19 di Indonesia menyebabkan pemerintah menghimbau masyarakat untuk membatasi kontak fisik. Kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar, serta beribadah disarankan untuk dilakukan di rumah masing-masing. ‘

Pembatasan kontak fisik alias physical distancing ini memberikan dampak signifikan bagi banyak pihak, salah satunya ialah pelaku bisnis. Tidak sedikit pelaku usaha, mulai dari tingkat UMKM hingga tingkat enterprise yang mengungkapkan penurunan penjualan selama beberapa minggu belakangan ini.

Akan tetapi, sebagai pelaku usaha, tidak boleh menyerah. Karena di tengah maraknya penyebaran Virus Corona, ada juga loh alternatif-alternatif bisnis yang menjanjikan

Online Shop

Sebelum kemunculan kasus Covid-19 di Indonesia, bisnis online memang sudah menjadi salah satu solusi karena kemudahan pelanggan untuk berbelanja tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Meksipun harus membatasi jam buka toko karena physical distancing, tetap bisa menawarkan produk melalui toko online.

Makanan Tahan Lama

Guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19, banyak orang yang memilih untuk tetap di rumah, kecuali apabila ada kebutuhan yang mendesak. Keadaan ini tentu membuat mereka sulit untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Makanya, ini kesempatan untuk menawarkan berbagai makanan tahan lama sehingga mereka dapat memiliki persediaan makanan tanpa perlu bepergian ke luar rumah. Beberapa contoh makanan yang bisa Kamu jual ialah mie instan, makanan kalengan, dan juga beberapa minuman seperti air mineral dan minuman serbuk.

Rempah Tradisional

Seperti yang kita tahu, sejak kemunculannya pada akhir Desember 2019 di Wuhan, Tiongkok, hingga kini belum ada vaksin yang dapat menangkal Covid-19. Akan tetapi, pencegahannya dapat dilakukan dengan menjaga stamina tubuh sehingga kita tidak mudah sakit.

Rempah-rempah tradisional khas Nusantara dapat menjadi andalan untuk menjaga tubuh kita tetap fit. Jadi kalau Kamu dapat mengolah rempah-rempah tersebut menjadi minuman, peluang usaha yang satu ini patut Kamu coba. Beberapa contoh rempah yang terkenal dapat menjaga stamina tubuh ialah kencur, temulawak, jahe, serta kayu manis.

Berbagai Produk Kesehatan dan Disinfektan

Selain menawarkan berbagai minuman yang terbuat dari rempah-rempah, Kamu juga bisa menawarkan berbagai produk kesehatan seperti madu dan multivitamin. Sekarang ini, permintaan pasar terhadap produk-produk kesehatan sangatlah banyak. Bahkan, banyak pelanggan yang kesulitan untuk menemukan vitamin-vitamin tertentu.

Begitu juga dengan berbagai produk disinfektan yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai permukaan benda yang sering disentuh. Kehadiran penjual produk kesehatan dan cairan disinfektan tentu sangat membantu masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan.

Topi dan masker

Tidak bisa dipungkiri, saat ini masyarakat tidak hanya membutuhkan berbagai produk kesehatan dan kebersihan saja, tetapi juga pelindung diri berupa topi dan masker. Saat bepergian keluar, kedua benda ini menjadi perlengkapan yang wajib dikenakan untuk melindungi  diri dari resiko paparan virus. Nah, apabila Kamu memiliki skill menjahit atau usaha di bidang tekstil, jangan ragu untuk mencoba peluang usaha yang satu ini!

Meskipun pandemi Covid-19 memberikan tantangan pada berbagai pelaku bisnis, Kamu tidak boleh mudah menyerah. Ada berbagai peluang yang tidak boleh Kamu lewatkan, termasuk di situasi sulit seperti saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.