Investree Danai Proyek APD Dukung UKM Tangguh hingga Salurkan Donasi COVID-19

0
236

Sebagai bentuk kontribusi dalam mempercepat penanganan dan penyelesaian Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia, bertepatan dengan bulan Ramadhan ini, Investree (PT Investree Radhika Jaya) melakukan serangkaian inisiatif yang tak hanya bermanfaat bagi tenaga medis tapi juga pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang merupakan target khalayak utama Investree.

Pertama, Investree menyalurkan pembiayaan bagi salah satu Borrower yaitu Torch.id yang memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) berupa coverall dan baracoat yang dapat dipakai ulang untuk petugas medis dengan nama “Torch Guard”. Kedua, melalui Dompet Dhuafa dan Kapal Rumah Sakit Terapung (RST) Ksatria Airlangga, Investree menyalurkan donasi yang berguna untuk pengadaan alat-alat kesehatan.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, mengatakan tentunya Investree bersyukur dapat terus berkontribusi bagi pertumbuhan UKM di situasi penuh ketidakpastian seperti sekarang.

Selaras dengan pesan yang sudah kami sampaikan saat pengumuman pendanaan seri C pada awal April lalu bahwa Investree akan terus melakukan pendampingan finansial bagi UKM-UKM Indonesia selama pandemi COVID-19 berlangsung, penyaluran pembiayaan untuk Torch.id yang memproduksi Torch Guard membuktikan bahwa kampanye #UKMTangguh yang kami galakkan benar-benar memberikan pengaruh positif bagi industri terdampak.

“Selain itu, terkait pemberian donasi yang bisa dimanfaatkan untuk pengadaan alat-alat kesehatan, Investree juga bekerja sama dengan institusi-institusi terpercaya seperti Dompet Dhuafa dan Kapal RST Ksatria Airlangga untuk memastikan donasi tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran,” jelasnya.

Selama masa pandemi COVID-19 dan bulan Ramadhan ini, Investree menghelat kampanye bertajuk #UKMTangguh yang ditujukan untuk Borrower-Borrower di Investree, di mana para pelaku UKM dapat mengubah musibah menjadi berkah dengan mengajukan pembiayaan di Investree agar bisnisnya terus berjalan dan menjadi #UKMTangguh di tengah badai COVID-19. Di sisi lain, 

Lender-Lender di Investree juga bisa menjadi #PahlawanUKM dengan memberikan pendanaan kepada para pelaku usaha yang terdampak namun berperan besar terhadap laju perekonomian. Dalam hal ini, Investree menekankan bahwa Perusahaan selalu menerapkan prinsip kehati-hatian dan berfokus pada sektor usaha tertentu yang merupakan bagian dari ekosistem rantai pasokan Pemerintah, lembaga multinasional/terbuka, dan BUMN.

Seluruh pinjaman di Investree juga terus dikelola secara sehat melalui pengaplikasian mitigasi risiko yang komprehensif termasuk dengan memberikan jaminan atau asuransi sehingga Lender tidak perlu khawatir memberikan pendanaan di Investree.

Realisasi dari kampanye #UKMTangguh ini dibuktikan dengan penyaluran pembiayaan oleh Investree kepada salah satu Borrower asal Bandung yang merupakan merek startup lokal Indonesia yaitu Torch.id, dikenal karena inovasinya di dunia peralatan traveling dan luar ruang.

Selama pandemi COVID-19 ini, Torch.id memproduksi “Torch Guard” atau APD berupa coverall dan baracoat yang bisa dipakai ulang untuk garda terdepan COVID-19. Barang-barang ini dirancang atas permintaan instansi kesehatan atau lembaga donor yang kesulitan mendapatkan APD aman dan ekonomis.

Dengan turut memfasilitasi pembiayaan untuk proyek ini, Investree berkomitmen untuk membantu UKM-UKM terdampak melewati masa-masa sulit dan mendukung mereka mendapatkan kemudahan akses pembiayaan selama periode krisis sesuai arahan regulator dan asosiasi. 

Terkait hal ini, CEO Torch.id, Ben Wirawan Sudarmadji, mengatakan di situasi seperti sekarang, kami harus berpikir keras bagaimana membuat bisnis tetap bertahan, terlebih dari segi arus kas.

“Saat yang sama, kami juga tetap ingin membagikan nilai lebih bagi konsumen dan berkontribusi lebih di kala krisis. Itulah mengapa akhirnya kami merancang dan memproduksi Torch Guard. Untuk itu, kami sangat mengapresiasi dukungan pembiayaan yang disalurkan oleh Investree karena melakukan pengadaan bahan baku yang memenuhi standar hingga memproduksi dalam jumlah besar dan waktu singkat untuk membantu rekan-rekan di industri kesehatan bukanlah hal mudah. Alhamdulillah, seperti biasa prosesnya mudah dan cepat, kami jadi sangat terbantu. Bersama Investree, Torch.id yakin upaya kolektif ini dapat mempercepat laju penanganan COVID-19 di Tanah Air,” ujarnya.

Untuk kampanye #PahlawanUKM, Investree menghadirkan promo “Poin Cuan” setara hingga Rp 10 juta. Mekanismenya, Lender-Lender yang telah terdaftar dan terverifikasi di Investree (telah menandatangani perjanjian online yang dikirimkan oleh Investree) hingga 29 Februari 2020 namun belum pernah melakukan pendanaan sama sekali di Investree dapat memperoleh komisi hingga Rp 10 juta jika mendanai minimal Rp 3 juta selama periode promo (Mei-Juli 2020).

Promo ini diharapkan bisa menjadi stimulus bagi para Lender yang belum pernah mendanai untuk mulai melakukan pendanaan, memiliki komitmen investasi yang rutin di Investree, serta menyokong UKM mendapatkan kemudahan akses pembiayaan selama krisis COVID-19.

Sementara itu, sebagai salah satu kegiatan CSR yang dilakukan pada bulan Ramadhan, Investree menyalurkan donasi untuk pengadaan alat-alat kesehatan dan pelindung diri, rumah sakit darurat, layanan ambulans, dan perlengkapan kebersihan melalui 2 (dua) institusi yang telah memiliki rekam jejak solid di bidang amal dan medis.

Pertama adalah Dompet Dhuafa sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional ternama di Indonesia dan kedua adalah Kapal RST Ksatria Airlangga yang sudah pernah menjadi rekanan CSR Investree pada proyek “Bakti Sapeken” pada Mei 2018. Donasi ini diambil dari angka penyaluran pinjaman yang berhasil dilakukan oleh Investree selama periode April-Mei 2020, terhitung sebesar 0,5% dari pendapatan biaya layanan/marketplace Investree. Donasi akan diberikan dengan porsi 50:50 kepada Dompet Dhuafa dan Kapal RST Ksatria Airlangga. 

Di samping itu, Investree juga bergabung dengan 56 anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) lainnya untuk memberikan Bantuan Penanggulangan Pandemi COVID-19 sebesar Rp 250 juta kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang berkedudukan di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Di bulan yang penuh berkah ini, sudah selayaknya bagi Investree untuk mempersembahkan sesuatu yang berarti bagi pihak-pihak yang paling membutuhkan selama masa pandemi COVID-19. Melalui kampanye #UKMTangguh dan #PahlawanUKM, kami harap semakin banyak UKM dan masyarakat mulai tergerak untuk memanfaatkan segala peluang yang ada agar bertumbuh menjadi entitas berdaya bagi Borrower dan pihak yang menuai untung secara bijak bagi Lender. Begitu juga dengan kerja sama dan partisipasi donasi yang kami lakukan, semoga berjalan lancar dan mendatangkan berkah bagi semua yang terlibat,” tutup Adrian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.