Tips Mendapat Suntikan Modal Bagi UMKM

0
565

Bukan perkara mudah bagi UMKM untuk mencari dan mendapakan modal untuk memutar lebih kencang roda usaha. Sejumlah persyaratan yang harus bankable kerap jadi momok bagi penguasa kecil. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini.

Meski demikian, jangan khawatir, pada dasarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan modal tambahan. Jika Anda memiliki keterbatasan modal sendiri, tentu Anda bisa coba alternatif pihak lain.

Apakah Anda takut dengan kendala jaminan?. Atau Anda takut tidak bisa bayar kalau nanti tidak sukses lalu meninggalkan hutang?. Tenang saja, modal pihak lain itu sebenarnya tidak harus selalu dari bank kan?.

Tidak selalu modal yang didapat dari bank itu memerlukan jaminan. Tentu saja dengan catatan modal yang Anda butuhkan tidak terlalu besar, misalnya hanya Rp 5 juta.

Anda bisa mengajukan pembiayaan dengan sistem qardh ke bank syariah misalnya.  Selain dari bank, sebenarnya banyak alternatif pembiayaan dari pihak lain. Misalnya saja koperasi, atau pegadaian.

Bahkan sebenarnya Anda bisa saja mencari pemodal perorangan untuk diajak menanamkan modal/berinvestasi dengan sistem bagi hasil hingga Anda tidak perlu khawatir untuk berhutang dan bisa fokus untuk pengembangan usaha.

Yang menarik saat ini sudah banyak bisnis keuangan peer to peer (P2P) Lending alias finansial technologi (fintech) yang bisa membantu masalah permodalan UMKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.