Kiat Bisnis Bertahan Saat Pandemi

0
125

Ditengah pembatasan berskala luas yang diterapkan di berbagai daerah tak lantas menghentikan roda bisnis pelaku UMKM. Berikut beberapa tips usaha tetap berjalan saat pandemi

Seorang pemimpin yang baik tentu bukan hanya memprioritaskan pelanggan, tetapi juga para staf yang ia pekerjakan. Apabila work from home tidak memungkinkan, pastikan semua staf selalu sehat. Ketika kondisi mereka tidak sehat, mintalah mereka untuk beristirahat di rumah. Sementara selama berada di tempat usaha, pastikan juga menyediakan hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, maupun sabun cuci tangan sehingga setiap staf bisa menjaga kebersihan dengan mencuci tangan mereka secara rutin.

Meskipun diminta untuk meminimalisir kontak fisik, bukan berarti jadi pesimis dan khawatir terhadap penurunan penjualan. Justru, dapat memanfaatkan layanan lainnya, yakni melalui sistem pesan antar. Biarkan para pelanggan tetap beraktivitas di rumah dan pastikan mereka tetap bisa berbelanja melalui bantuan kurir pengiriman.

Seperti yang kita tahu, layanan pesan antar pada masa kini sangat mengandalkan teknologi informasi, bukan sekadar melalui telepon saja. Pelanggan bisa memesan melalui WhatsApp maupun aplikasi khusus yang memuat menu-menu restoran.

Maka dari itu, tidak heran jika sistem ini akan membantu menarik perhatian calon pelanggan dari generasi millenial, generasi yang sangat mengandalkan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya. Mereka pada umumnya memprioritaskan cara pemesanan praktis yang memungkinkan mereka mendapatkan makanan tanpa perlu bersusah payah menghabiskan waktu dan tenaga.

Jika ingin membuka layanan delivery, ada baiknya bekerja sama dengan pihak ketiga agar hasil penjualan semakin maksimal. Pihak ketiga dalam hal ini ialah pihak yang menyediakan layanan pengantaran makanan. Mereka biasanya menyediakan platform berupa aplikasi yang mempermudah pelanggan untuk mencari dan memesan makanan.

Apalagi pada masa kini, tidak sedikit orang yang melakukan pemesanan makanan melalui aplikasi tersebut. Mereka biasanya juga menyediakan fitur berupa poin maupun reward untuk membuat pelanggannya setia menggunakan aplikasi mereka. Jadi, Anda juga harus memanfaatkan kesempatan ini untuk memaksimalkan omset penjualan.

Dengan adanya bantuan pengiriman dari pihak ketiga, Anda dan para staf tentu sangat diuntungkan karena tidak perlu lagi membagi peran untuk mengantarkan pesanan.

Semua bisa terfokus pada pembuatan makanan serta pelayanan bagi pengunjung yang datang ke tempat makan Kamu. Selain itu, pada masa penerapan physical distancing seperti sekarang ini, tentu jumlah pemesanan take away juga lebih mendominasi. Kehadiran layanan pesan antar memiliki peran besar untuk membuat bisnis Anda tetap berjalan, namun juga tetap meminimalisir kontak fisik.

Untuk mengurangi kontak fisik, ada baiknya menyediakan opsi pembayaran nontunai. Cukup gunakan berbagai pembayaran melalui kartu kredit/debit, digital payment.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.