Usaha Sablon Cover Tas Sasar B to B

0
169

Usaha sablon cover tas untuk berbagai merek saat ini masih mempunyai peluang untuk berkembang jika dikelola secara baik dan benar. Usaha Anda masuk dalam kategori B to B (business to business) karena yang Anda layani bukan customer langsung melainkan orang yang juga merupakan pebisnis.

Berikut ini beberapa saran dari saya:

  • Kerja Sama dengan Pengrajin Tas. Bangunlah kerja sama yang lebih luas lagi dengan para pengrajin tas agar pekerjaan sablon Anda lebih banyak lagi. Berikan sistem kerja sama yang menarik agar para pengrajin memakai jasa sablon Anda. Misalnya dengan cara memberikan hadiah setiap kali pengrajin memberikan order sejumlah tertentu.
  • Pastikan Anda bisa menghasilkan kualitas sablon yang baik sesuai dengan standard yang diinginkan pemesan. Jangan sampai kualitas sablon naik turun dan membuat pemesan kecewa. Untuk itu Anda harus memiliki tim quality control agar kualitas sablon selalu terjaga dengan baik.
  • Cover Anda dapat menawarkan jenis cover alternatif dengan menggunakan bahan lain yang berbeda yang lebih menarik atau yang tidak biasa. Tujuannya agar para pengrajin punya beberapa pilihan.
  • Sablon untuk Produk Lain. Agar jasa sablon Anda dapat lebih berkembang, tidak ada salahnya memperluas area pekerjaan sablon Anda untuk kategori produk yang berbeda. Tentu saja jika Anda ingin memperluas target market.
  • Tetap Beriklan. Supaya usaha Anda dapat dikenal hingga ke daerah atau wilayah lain, maka secara berkala Anda harus tetap beriklan di beberapa media yang banyak dibaca oleh target market, misalnya: koran, majalah, atau radio. Pastikan Anda mencantumkan contact person, alamat, nomor telepon atau email yang bisa dihubungi agar Anda mudah untuk dihubungi ketika customer memerlukan jasa Anda.
  • Service Mengingat usaha Anda adalah jasa, maka pelayanan sangat berperan untuk kesuksesan Anda. Berikan pelayanan yang sangat baik (service excellence) kepada semua customer agar mereka puas. Jika mereka puas maka usaha Anda akan berkembang lebih cepat lagi karena customer akan bercerita kepada teman atau rekanannya. Pelayanan yang baik dapat Anda tunjukkan dengan keramahan, hasil kerja yang berkualitas, kemudahan untuk dihubungi, kecepatan kerja, solusi yang ditawarkan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

 

Oleh: Angela Kwok

Pengamat Marketing DK Consulting Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.