Konsep Dekorasi Pernikahan Gaya Natural Banyak Dipesan

0
1039
Dok: www.mawarprada.com.

Menjadi seorang konsultan di salah satu perusahaan swasta, tidak lantas membuat Ario Widianto menutup diri dalam mengembangkan bakat arsiteknya. Ia pun terus memutar otak untuk membuat sebuah usaha yang dapat menyalurkan bakatnya tersebut.

Terbesitlah ide untuk membuat usaha decoration wedding hall atau dekorasi acara pernikahan. Ide tersebut  ia dapatkan pada saat kakaknya akan menyelenggarakan pesta pernikahan.

“Waktu itu saya berfikir,  kalau dekorasi pesta pernikahan ini bisa saya kerjakan sendiri, kenapa harus menyewa jasa orang lain yang memang terbilang cukup mahal,” ucapnya.

Dari idenya tersebut kemudian Ario membuat sebuah konsep desain dekorasi dengan mengusung tema adat Jawa. Untuk menunjang kebutuhan kreasinya, Ario ini meggelontorkan uang sebesar Rp 10 juta yang digunakan untuk membeli satu set gebyok yakni sebuah panggung pelaminan dengan model adat Jawa, membeli satu set kursi seharga Rp 3 juta dan satu set karpet seharga Rp 2 juta.

Alasan ia memilih gebyog, karena pada saat itu masih banyak yang belum memakai konsep dekorasi dengan menggunakan gebyog, gebyog juga bisa digunakan untuk membuat konsep dekorasi yang lebih luas seperti adat Jawa, adat Sunda bahkan adat Batak sekalipun. Ario juga mendapat modal tambahan dari orang tuanya sebesar Rp 5 juta yang digunakan untuk membeli kain taffeta dan sifon untuk melengkapi kebutuhan dekorasi.

Konsep dekorasi ala adat Jawa yang dipilih Ario ini karena menyesuaikan dengan kemampuanya pada saat itu. Meski demikian, ia pun yakin bahwa usahanya ini bisa menyasar semua kalangan baik untuk dekorasi adat, dekorasi nasional maupun dekorasi internasional. Demi membangun citra usahanya, Ario pun membuat badan hukum berupa PT. Mawar Prada.

Prospek dan Persaingan. Menurut Ario, peluang usaha di bidang dekorasi wedding sangat besar jika dilihat dari statistik pernikahan di Indonesia yang jumlahnya terus meningkat. Apalagi saat ini pesta pernikahan sudah menjadi tren budaya yang tidak boleh terlewatkan bagi setiap orang.

“Orang Indonesia memiliki jiwa persaudaraan dan rasa kekerabatan yang begitu kental, jadi banyak orang yang ingin pesta pernikahannya memiliki kesan yang mendalam,” ucap Ario.

Sedangkan persaingan menurut Ario sudah semakin ketat, untuk itu para pelaku usaha harus bisa menampilkan sebuah kreasi desain yang kreatif dan inovatif, agar produk dekorasi yang dihasilkan bisa menarik perhatian banyak orang.

Jasa yang Ditawarkan. Ada banyak jenis model dekorasi yang ditawarkan oleh Mawar Prada, dengan harga disesuaikan dengan besar kecilnya ruangan yang akan didekor. Semakin besar ruangan yang akan didekor maka harga yang ditawarkan pun juga semakin mahal.

Model yang pertama adalah jenis dekorasi pernikahan yang dilaksanakan di rumah, harga yang ditawarkan untuk sekali dekor sekitar Rp 20 juta, tetapi harga tersebut juga menyesuaikan dengan kapasitas tempat dan ruangan.

Dari model dekorasi yang pertama ini, klien akan mendapat fasilitas berupa dekorasi tempat penerima tamu, dekorasi tempat menuju pelaminan, dekorasi pelaminan, dekorasi kursi, dekorasi penerima buku tamu dan dekorasi kotak uang.

Jenis dekorasi lain yang ditawarkan Ario adalah model dekorasi gedung dengan kapasitas tamu 400 orang. Tarif yang dipatok untuk dekorasi pesta di gedung sedikit lebih mahal yakni Rp 45 juta, adapun fasilitasnya meliputi dekorasi pelaminan, dekorasi tempat menuju pelaminan, dekorasi tempat penerimaan tamu, dekorasi kursi, dekorasi penerima buku tamu, dekorasi kotak uang dan dekorasi tempat music.

Sedangkan model terakhir dekorasi dengan kapasitas tamu 1.000 orang, harga yang ditawarkan untuk dekorasi ini berkisar antara Rp 60 juta-Rp 100 juta. Dengan harga tersebut klien akan mendapat layanan dekorasi berupa tempat penerima tamu, tempat menuju pelaminan, panggung pelaminan, dekorasi kursi, dekorasi penerima buku tamu, dekorasi kotak uang, dekorasi tempat music dan dekorasi tempat tamu VIP.

Untuk mempermudah klien dalam memilih tema yang dinginkan, Mawar Prada juga menyediakan beberapa konsep dekorasi yang selama ini telah ia tangani. Ragam tema dekorasi tersebut bisa dilihat di website www.mawarprada.com. Namun secara umum, Ario membagi jasa dekorasinya ini ke dalam tiga kategori yakni konsep adat, konsep nasional dan konsep internasional.

Konsep nasional merupakan perpaduan dari konsep adat yang ditambah dengan pernak pernik tertentu, misalnya rangkaian bunga yang dibuat lebih meriah, pot bunga yang disusun menyerupai taman dan penambahan degradasi warna agar lebih hidup.

Sedangkan untuk konsep internasional biasanya mengambil dari budaya Negara tertentu seperti Inggris, Amerika, Spanyol dll. Sejauh ini yang paling sering dipesan klien adalah dekorasi pernikahan dengan konsep nasional dengan model gaya natural dan elegan.

Selain menyediakan jasa dekorasi untuk acara pernikahan, Mawar Prada juga menyediakan jasa dekorasi untuk acara corporate, ulang tahun, Natal, Tahun Baru dll. Saat orderan sepi Ario masih bisa mengantongi 4-6 proyek dekorasi. Dan jika mendekati musim ramai seperti bulan syawal atau bulan dzulhijah, maka proyek yang didapatkan bisa naik hingga dua kali lipat. Tak heran dalam sebulan Ario bisa meraup omset hingga Rp 200 juta dengan keuntungan sampai 35% atau sekitar 70 juta.

One day service. Untuk menjaga kepuasan pelanggan, ketepatan dan kecepatan pada proses dekorasi sangat diperhatikan oleh Ario. Sebab itu, Ario tak segan-segan untuk ikut terjun langsung di lapangan.

Meski demikian, Ario juga tetap mengindahkan kualitas dari dekorasi yang dihasilkan. “Karena waktu yang diberikan sangat terbatas, maka kami harus bisa bekerja secara cepat, tapi bukan berarti  asal cepat saja, kualitas dan kepuasan pelanggan juga tetap menjadi prioritas kami,” ujar Ario.

Untuk mendukung usahanya tersebut,  Ario merekrut karyawan freelance sebanyak 30 orang yang sudah memiliki keahlian khusus dalam pemasangan dekorasi, karyawan freelance tersebut digaji sebesar Rp 150 per proyek.

Sedangkan untuk menunjang kebutuhan setiap hari, Ario mempekerjakan 12 orang karyawan tetap dengan gaji sesuai UMR. Untuk karyawan tetap ini bekerja sebagai pemasaran dan administrasi.

Selain prinsip one day service yang diberikan, konsep desain yang diwarkan Ario juga sangat beragam, hampir semua konsep dibuat dengan profesional, sehingga menimbulkan kesan artistic yang sangat bagus. Menurut Ario, usaha yang ia geluti bukan hanya mengejar untung semata namun juga membuat klien senang dan puas dengan jasa yang ia berikan.

Cara Pembayaran. Setelah terjadi kesepakatan dengan klien mengenai waktu dan tempat maka klien diwajibkan melakukan pembayaran melalui dua termin. Termin pertama dilakukan ketika booking waktu dan tempat, sedangkan pembayaran termin kedua dilakukan dua minggu sebelum acara dimulai.

Selama menjalankan usahanya tersebut Ario pernah mendapatkan complain dari klien. Complain tersebut biasanya terjadi karena tidak sesuai dengan keinginan klien maka Ario akan menjelaskan maksud dari desain dekorasi yang telah ia kerjakan. Bagi Ario setiap usaha pasti ada komplain dari klien maka dari itu kita sebisa mungkin memberikan sesuatu yang melebihi dari apa yang klien harapkan.

Pameran. Pertama kali yang dilakuan Ario untuk memperkenalkan usahanya kepada khalayak adalah dengan menggunakan media mulut ke mulut. “Melalui teman yang akan melaksanakan pernikahan terbilang sangat efektif, karena jika mereka merasa puas, maka dengan cepat meneyebar kepada teman yang lainnya dan begitu terus hingga saat ini,” ujar Ario.

Selain itu Ario juga sering mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh rekanan gedung dalam acara pameran seperti pameran wedding yang rutin di Gedung Balai Sudirman, Bidakara, Balai Kartini, Magfuri dan rekanan lain. Pameran tersebut setiap tahun ia ikuti.

“Satu bulan minimal 4 event dalam satu event biasanya Rp 50 juta, jika ditotal saya bisa mengantongi omset sebesar Rp 200 juta, kebanyakan klien kita di Jakarta Selatan, karena akan lebih mudah dalam mengerjakannya, meski begitu kami juga tidak menutup kemungkinan untuk menerima proyek dari luar Jakarta, kita juga pernah ke Bandung dan yang paling jauh ke Gorontalo Sulawesi Utara,” ujar pria kelahiran 1975 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.