Kiat Memasarkan Mukena Anak

0
392
dok clodimurah.com

Suatu usaha jika diawali dari hobi biasanya akan berhasil karena dilakukan dengan senang dan penuh semangat. Anda yang sudah punya hobi membuat mukena dengan teknik sulam tentunya akan menjadi sebuah usaha yang menghasilkan apabila dilakukan dengan serius. Berikut ini beberapa tahapan pemasaran yang harus Anda lakukan:

  1. Tunjukkan Hasil Karya. Biasanya customer dimulai dari orang-orang yang terdekat dengan Anda. Untuk itu tunjukkan mukena hasil karya Anda kepada saudara, tetangga dan teman-teman. Katakan kepada mereka bahwa Anda juga menjual produk tersebut dan melayani pemesanan dengan special design.
  2. Mulai Membuat Brosur. Buatlah brosur yang berisi informasi tentang usaha Anda untuk membuat mukena anak-anak dengan tambahan sulam tangan. Tunjukkan keistimewaan produk Anda. Jangan lupa menyertakan alamat, nomor telepon, email, dan lain-lain agar orang yang mendapatkan brosur dapat menghubungi Anda. Jika Anda memiliki alamat website, Facebook atau Twitter sebaiknya juga dicantumkan.
  3. Buat Kemasan yang Menarik. Kemasan harus dibuat sedemikian rupa sehingga sesuai dengan target market. Dalam konteks mukena anak-anak maka kemasan harus terlihat ‘lucu’ dan ‘menarik’ sesuai dengan usia pemakai. Kemasan yang menarik juga akan mendorong calon customer untuk membeli.
  4. Membuka Toko atau Menjual Secara Anda dapat membuka toko (jika ada modal yang cukup) atau dapat juga menitipkan produk di toko orang lain dengan sistem konsinyasi. Tujuannya agar calon customer dapat melihat secara langsung mukena buatan Anda. Menjual secara online juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa membuat website sendiri atau bisa memanfaatkan Facebook atau Twitter.
  5. Penjualan Langsung di Komunitas Carilah informasi seputar komunitas/kelompok tertentu di wilayah Anda, misalnya kelompok arisan, kelompok ibu-ibu pengajian, atau yang lainnya. Hadirlah dalam acara yang mereka selenggarakan. Tentu saja sebelumnya Anda harus minta ijin agar diberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk mukena milik Anda. Dalam kesempatan tersebut, jangan lupa untuk membagikan brosur.
  6. Berikan Pelayanan yang Berkesan. Pelayanan yang baik dan berkesan adalah satu satu kunci kesuksesan usaha Anda. Perhatikan semua titik pelayanan (moment of truth) agar customer merasa puas, mulai dari cara menerima telepon, kemudahan cara pembayaran, kualitas produk, dan lain-lain.

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses!!

 

Oleh: Djoko Kurniawan

(Konsultan Marketing  & Service Quality di Indonesia)

Email djokokurniawan@yahoo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.