Prospek Bisnis Karikatur Wajah Berbasis Komputer Cukup Menggiurkan

0
19
dok nanaparthawijaya.blogspot.com

 

Jika menilik sejarahnya, karikatur adalah sebuah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut seperti contohnya memperbesar bagian kepala, telinga atau sebagainya dan kebanyakan dari gambar karikatur ini dibuat untuk menggambarkan seseorang atau objek hidup lainnya. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan,  adapun ciri khas dari karikatur yaitu menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksudkan untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang mengenal atau melihat subjek tersebut.

Kini karikatur semakin banyak digunakan sebagai bentuk atau cara lain dalam menyampaikan suatu pesan secara visual kepada khalayak banyak, dan seiring berjalannya waktu karikatur berkembang begitu pesat. Bila dahulu banyak orang mengenal karikatur dibuat dengan menggunakan pensil yang dituangkan di atas canvas, sekarang ini karikatur banyak dikemas dan disajikan dalam berbagai bentuk, tidak terkecuali menggunakan media komputer untuk membuatnya.

Dengan menggunakan komputer dalam membuat karikatur menjadikan proses pembuatan karikatur menjadi lebih mudah dan cepat sedangkan jika dilihat dari hasilnya, membuat karikatur dengan komputer ini menjadi lebih rapi dan apabila ada kesalahan dalam proses pembuatan dapat dihapus sedangkan untuk pembuatan karikatur dengan menggunakan pensil dan canvas hal tersebut sulit dilakukan.

Dalam membuat karikatur berbasis komputer ini modal yang diperlukan tidaklah besar hanya berupa seperangkat komputer maupun laptop dan juga software pendukungnya. Dengan modal tidak sampai Rp 10 juta, Anda sudah bisa membuat usaha karikatur sendiri yang bisa juga dijadikan sebagai ladang bisnis yang menggiurkan.

Software Khusus. Dalam membuat karikatur berbasis komputer ini dibutuhkan beberapa software pendukung. Lupakan software seperti Photoshop, Illustrator, ataupun Coreldraw jika Anda ingin membuat sebuah bentuk karikatur dengan mudah dan cepat. Walaupun beberapa software tersebut sudah terkenal dalam hal edit mengedit photo maupun gambar, namun butuh waktu yang tidak sedikit dan cara yang rumit untuk mewujudkan sebuah karikatur dengan software-software di atas.

Adapun software yang digunakan untuk membuat karikatur ini adalah software-software khusus untuk membuat karikatur seperti Dimpleart, Caricature Studio 6, Synfig Studio, Manga Studio dan masih banyak yang lainnya. Di antara beberapa software tersebut ada beberapa software yang cukup fleksibel, yang mana karikatur dapat dibuat hanya dengan mengedit gambar saja seperti software Synfig Studio, namun ada pula yang dibuat secara manual layaknya menggambar dengan menggunakan pen pad seperti software Manga Studio.

Software Manga Studio adalah salah satu software yang banyak digunakan untuk membuat karikatur ini. Software tersebut dipilih karena dalam pengerjaannya tidak 100% computerized. Dengan menggunakan software ini seorang pembuat karikatur juga harus mengeluarkan kebolehannya dalam hal menggambar agar hasil karikatur yang dibuat masih mengandung unsur seni.

Dalam proses menggambar di sini, pelaku usaha tidak menggunakan alat gambar konvensional seperti pensil dan canvas melainkan menggunakan alat gambar modern yang telah terkoneksi dengan software yang bersangkutan yang disebut dengan pen pad.

Karikatur yang dibuat adalah karikatur pesanan konsumen baik karikatur dengan tambahan background maupun karikatur tanpa background. Karikatur ini tidak hanya ditampilkan di atas kertas yang nantinya dibuat dalam bentuk figura, melainkan juga bisa diaplikasikan di berbagai media seperti gelas/mug, jam dinding, hingga bisa diaplikasikan di atas kaos. Adapun harga dari karikatur tersebut untuk satu kepala yaitu Rp 75 ribu dan untuk karikatur dua kepala seharga Rp 150 ribu. Dan pemesan paling banyak saat ini adalah karikatur untuk dua kepala.

Pembuatan. Dalam membuat karikatur ini, diperlukan berbagai perlengkapan seperti komputer/laptop, software pendukung, pen pad, dan printer. Setelah peralatan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menginstal software yang ingin digunakan (Manga Studio) ke dalam komputer maupun laptop. Setelah terinstal, langkah selanjutnya ialah langsung ke tahap pembuatan karikatur.

Adapun proses pembuatannya cukup mudah, yaitu cukup meng-upload photo yang ingin dibuat karikaturnya. Jika photo dalam bentuk cetakan (postcard) maka photo tersebut bisa terlebih dahulu di-scan dengan menggunakan mesin scanner dan jika photo sudah dalam bentuk file maka photo tinggal ditransfer ke dalam komputer. Bila sudah maka langkah selanjutnya adalah memasukkan foto ke dalam software karikatur yang telah diinstal (Manga Studio).

Setelah itu, dengan menggunakan pen pad, foto tersebut dibuat dalam bentuk karikaturnya, dan untuk lebih merapikan karikatur yang dibuat di dalam software tersebut banyak terdapat tools yang bisa digunakan. Bila karikatur telah siap, maka karikatur pun bisa langsung diprint atau diaplikasikan di atas berbagai media seperti gelas, kaos dan lain sebagainya. Lamanya pembuatan karikatur tersebut kurang lebih memakan waktu dua jam.

Adapun prospek dari usaha ini sagatlah jelas, sebagai perbandingan saja untuk usaha karikatur yang saya jalani saat ini dalam sehari bisa menerima pesanan sebanyak tiga pesanan dengan omset sekitar puluhan juta per bulan. Adapun pemesan untuk produk karikatur ini datang dari semua kalangan mulai dari orangtua hingga anak muda, kebanyakan dari mereka bisanya memesan untuk kado ulang tahun atau untuk mengenang moment-moment tertentu.

Oleh: Siti Anisa dan Shiro,

Pemilik Candy Karikatur

Samirono CT 6 No 184 Yogya 55281

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.