Strategi Kembangkan Minimarket ATK

0
2473
Pojok Bisnis

 

Bisnis Toko ATK yang Anda jalankan seharusnya bisa berjalan dengan baik mengingat produk ini banyak dibutuhkan mulai dari anak-anak hingga orang biasa. Karena prospek yang sangat menjanjikan tersebut, tidak heran jika persaingan dalam usaha ini sangat ketat.

Namun demikian, karena banyak orang yang memiliki bisnis yang sama/sejenis maka Anda harus lebih ‘aktif dan kreatif’ dalam menjalankan usaha. Aktif dalam arti Anda harus berusaha untuk membuat banyak orang tahu tentang usaha Anda. Selain itu Anda juga harus kreatif adalah dalam melakukan promosi penjualan agar menarik bagi calon pembeli.

Ada beberapa hal  yang bisa Anda lakukan untuk bisa sukses dan menonjol di usaha ini yang pertama ialah memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para konsumen (Service Excellence). Pelayanan yang membuat pembeli puas adalah kunci yang utama.

Top Mortar gak takut hujan reels

Ini dikarenakan produk yang Anda jual tidak memiliki keunikan dibanding dengan produk yang dijual oleh kompetitor (penjual lain). Hanya dengan memberikan pelayanan yang baik dan berkesan maka pembeli yang sudah pernah datang akan mau kembali lagi dan mengabarkannya kepada orang lain agar membeli di toko Anda. Survei menunjukkan bahwa pelayanan yang baik mampu meningkatkan angka penjualan. Pelayanan yang baik akan mempu menciptakan pembeli yang loyal.

Bila pelayanan yang memuaskan sudah di berikan, maka langkah kedua adalah selalu memperhatikan harga jual produk kepada konsumen. Dalam menjalankan bisnis toko ATK ini, Anda harus jeli dalam menentukan harga. Jangan sampai harga jual barang di toko Anda lebih mahal dibanding toko lain.

Untuk barang yang paling diminati dan penjualannya relatif cepat, sebaiknya berikan harga yang sama dengan toko lain atau jika bisa lebih murah. Ingat! Pembeli akan sangat hafal dengan harga barang yang biasa dibeli. Buatlah persepsi di benak pembeli bahwa harga barang di toko Anda ‘tidak mahal’. Toko yang sudah dipersepsikan mahal biasanya tidak akan didatangi oleh pembeli.  Intinya jangan pernah membuat pembeli merasa kecewa karena harga jual barang Anda tidak wajar.

Langkah berikutnya ialah membuat komunikasi dan promosi yang bisa memikat konsumen. Buatlah komunikasi sederhana di dalam toko. Anda dapat menuliskan harga jual barang dalam selembar kertas dengan warna yang menarik jika yakin harga jual lebih murah dibanding kompetitor. Anda bisa juga membuat spanduk dengan tulisan yang bisa menarik konsumen datang ke toko Anda. Bagaimanapun juga (secara psikologis) tulisan murah akan lebih mendorong calon pembeli untuk masuk toko Anda.

Pada waktu-waktu tertentu, buatlah promosi yang menarik untuk pembeli.  Seperti beli dua dapat satu dan sebagainya. Tentu saja dalam membuat program promosi Anda harus melakukan perhitungan yang matang agar tidak sampai rugi. Dan juga sebelum Anda membuka kerjasama dalam bentuk waralaba, alangkah baiknya Anda membuka kerjasama dalam bentuk reseller dan sebagainya dengan ketentuan membeli dalam jumlah tertentu maka akan mendapatkan potongan harga tententu.

Dan cara yang terakhir adalah memberikan jasa pengiriman gratis. Jika pembeli berbelanja dalam jumlah yang cukup besar, Anda bisa memberikan bonus jasa pengiriman barang secara gratis sampai ke rumah. Biasanya pembeli akan merasa senang jika mereka dibantu dan diperhatikan.

 

oleh: Djoko Kurniawan

(Konsultan Marketing  & Service Quality di Indonesia)

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.