Memulai Usaha dengan Modal Kecil

0
2104
Bisnis baju anak (dok amparampar112.wixsite.com)

 

Untuk memulai usaha yang tidak perlu mengeluarkan modal besar, bahkan bisa tanpa modal, Anda bisa menjalin pola kerja sama dengan pihak  yang lebih kuat secara permodalan, sedangkan Anda memberikan waktu, tenaga, dan keahlian. Pembagian keuntungan dilakukan sesuai negosiasi atau kesepakatan kerja sama. Untuk itu tentu Anda harus punya keahlian atau keterampilan khusus yang dibutuhkan orang lain, dan tidak kalah pentingnya memiliki banyak relasi.

Alternatif lain yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis yang modalnya kecil bahkan tanpa modal adalah dengan menjadi perantara yang biasa disebut agen, makelar, atau broker. Usaha perantara ini bisa dimulai dari yang terkecil, seperti menerima barang titipan (konsinyasi) dari distributor. Tentu ada persyaratannya, tapi  yang paling penting di sini biasanya adalah faktor kepercayaan. Contoh, usaha konsinyasi pakaian atau makanan. Anda juga bisa menjadi perantara untuk menjualkan motor, mobil, rumah, atau gedung, dan Anda bisa menemukan usaha konsinyasi yang diiklankan di media massa.

Anda juga bisa menjalankan usaha tanpa modal dengan menjadi perantara menyediakan dana bagi pengusaha yang kesulitan uang. Biasanya ini dicari oleh para pengusaha yang sedang menghadapi permasalahan dengan pihak bank, misalnya masalah kredit macet. Dalam bidang ini Anda bisa menjadi perantara dengan mengajukan proposal project financing kepada investor atau bank. Berkait dengan ini Anda bisa  mencari para pengusaha untuk kerja sama pendanaan pada bidang apa saja.

Memang prosesnya tidak  semudah yang dibayangkan. Proposal pengajuan pendanaan bisa  saja diterima atau ditolak oleh investor atau bank karena dianggap kurang layak. Karena itu sebelum mencarikan dana, banyak faktor yang harus Anda pelajari, seperti kelayakan pendanaan, proyeknya sendiri seperti apa, surat-surat jaminannya seperti apa dan lainnya. Umumnya evaluasi ini  membutuhkan waktu antara 2 minggu sampai 3 bulan tergantung  proyek dan data yang diajukan.

Semakin bagus hal-hal yang menunjukkan kebenaran proyeknya dan surat kolateralnya bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan, semakin besar kemungkinan proposal tersebut bisa direalisasi. Dari situ Anda akan mendapatkan komisi sebagai perantara. Apalagi media nasional sekarang ini banyak memuat iklan yang memberitahukan kepada para pengusaha yang kesulitan dana bahwa mereka bisa menghubungi  broker pendanaan.

Apapun alternatif pilihan usaha Anda, sebaiknya Anda memilih  usaha yang  sesuai dengan hobi. Atau jika Anda masih bingung atau ragu dengan hobi Anda, bisa mencontoh bisnis orang lain yang sudah jadi dan sukses. Banyak orang menyebut  cara ini sebagai jurus ATM, yaitu amati,  tiru, dan modifikasi. Dengan cara ini Anda bisa langsung melakukan survei. Misalnya di daerah Anda ada rumah makan yang menjual Mie Ayam dan ramai dikunjungi orang. setelah pengamatan seperlunya Anda bisa langsung membuka rumah makan mie ayam.

Tentunya Anda sudah menyiapkan juru masak yang handal dan Anda bisa memodifikasi masakan ayam dengan cara mengubah bentuk  penyajian ayamnya dengan dipotong bentuk segitiga, atau menu mie ayamnya ditambah  hati, dan sebagainya. Anda juga perlu survei ke rumah makan lain yang ramai dikunjungi pelanggan. Di situ Anda bisa mempelajari cara penyajian, display, rasa masakan, dan lain-lain. Selamat berusaha!

 

Oleh: Hadi Santoso

Entrepreneur dan Penulis Buku “Jalan Tol Menuju Miliarder”

Email: hadibudget@yahoo.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.