Mau Tiket Pesawat Murah?, Catat Waktunya

0
513
Pesawat terbang di Bandara Soeta (dok independensi.com)

Harga tiket pesawat terbang yang telah naik sejak November 2018 akhirnya dikaji lebih lanjut pemerintah dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Senin (1/7). Dalam rapat evaluasi kebijakan penurunan tarif angkutan udara itu dihasilkan keputusan pemerintah dan pihak terkait akan menyediakan penerbangan murah rute domestik pada setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, antara pukul 10.00 hingga 14.00 (waktu lokal)

Susiwijono, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan jika masyarakat bisa menikmati diskon 50% dari Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat pada waktu tersebut. Terpangkasnya biaya penerbangan tersebut akan ditanggung bersamaan oleh maskapai, pengelola bandara, penyedia bahan bakar, dan airnav.

Menurut Susiwijono, sejak diputuskannya rencana penurunan tarif LCC (Low Cost Carrier) pada Rakor tanggal 20 Juni 2019, rata-rata harga tiket pesawat maskapai Lion Air terhadap TBA turun dari 54,2% menjadi 42,7%, atau secara persentase penurunan harga tiketnya mencapai 11%.

Dengan nilai tarif Lion Air yang telah mencapai 42,7% dari TBA dan Air Asia yang mencapai 38,3% dari TBA, dapat disimpulkan bahwa harga tiket pesawat maskapai LCC kelas ekonomi yang melayani penerbangan domestik di Indonesia dapat bergerak dibawah 50% TBA.

Gatot Trihargo Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan sharing cost tidak akan mengorbankan sisi safety dari AirNav, maskapai, maupun pengelola bandara

Pemberian diskon ini guna kembali meningkatkan jumlah penumpang maskapai penerbangan yang anjlok. Tercatat, penumpang rute domestic periode Januari–Mei 2019 mencapai 29,4 juta orang atau turun 21,33 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 37,4 juta orang.

Dalam rapat tersebut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Niaga  PT Garuda Indonesia (Persero) Pikri Ilham; Direktur Operasi PT Garuda Indonesia (Persero) Bambang Adisurya; Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero) Basuki Trikora Putra; Managing Director PT Lion Air Group Daniel, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi; Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo;

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.