Agoda dan Kemenparekraf Sepakat Tingkatkan Kerja Sama dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia

0
387
Pengembangan Pariwisata
Agoda dan Kemenparekraf Sepakat Tingkatkan Kerja Sama dalam Pengembangan Pariwisata Indonesia
Pojok Bisnis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkuat kerja sama dengan Agoda guna mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Dalam kunjungan kerjanya ke Bali pada Rabu (26/7/2023), Menparekraf Sandiaga melakukan pertemuan dengan Agoda, perusahaan internet yang menyediakan layanan reservasi hotel dan resort secara online. Kedua belah pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama pengembangan pariwisata yang sudah terjalin dengan baik.

“Kami bertemu dengan Agoda.com untuk beberapa inisiatif,” ujar Menparekraf Sandiaga setelah pertemuan di The St. Regis Bali Resort, Nusa Dua, Bali.

Pertama, inisiatif terkait penguatan data dari Agoda.com akan menjadi dasar pertimbangan dalam menghadirkan program atau kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Sandiaga menjelaskan bahwa kolaborasi dalam penguatan data dapat membantu menargetkan pasar potensial seperti India dengan kebijakan yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.

PT Mitra Mortar indonesia

Selanjutnya, pembahasan mengenai aspek pemasaran juga diangkat. Selama ini, kerja sama dengan Agoda.com fokus pada tahapan branding, tetapi ke depannya akan ditingkatkan dengan program destination branding. Program ini akan diimplementasikan dalam kampanye “Bangga Berwisata di IndonesiaAja,” kata Sandiaga.

Pertemuan tersebut juga mencapai kesepakatan untuk memperkuat kerja sama dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Rencananya, Kemenparekraf dan Agoda.com akan menyelenggarakan pelatihan bersama serta berusaha bekerja sama dengan industri berbasis teknologi dalam upskilling.

Diharapkan bahwa kerja sama ini akan mendukung capaian target kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2023, yang ditargetkan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Target tersebut meliputi jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 7,4 juta orang, jumlah wisatawan nusantara sebanyak 1,4 miliar orang, nilai devisa pariwisata sebesar 2,07 miliar dolar AS hingga 5,95 miliar dolar AS, dan kontribusi PDB sektor pariwisata sebesar 4,1 persen.

Selain itu, ekspor produk ekonomi kreatif diharapkan mencapai 26,46 miliar dolar AS atau sekitar Rp397,98 triliun, sementara nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan mencapai Rp1.297 triliun. Capaian target tersebut diharapkan dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja sebanyak 22,4 juta di sektor pariwisata dan 22,29 juta di sektor ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga menyatakan optimisme terhadap kerja sama ini. Agoda sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dalam bidang pariwisata diharapkan dapat memberikan hasil yang positif dalam menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan