Top Mortar Gak Takut Hujan
Home Bisnis Ticketing, Traveling dan Transportasi Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Puncak Mulai H-1 Lebaran

Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Puncak Mulai H-1 Lebaran

0
(Dok: ntmcpolri.info)

Ciawi – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan kesiapan pengaturan lalu lintas kawasan Puncak di Simpang Gadog, Bogor, Kamis (28/4) siang.

“Pada H-1, sampai dengan beberapa hari setelah Lebaran diprediksi kawasan Puncak akan sangat ramai,” jelas Menhub.

Menhub mengatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas yang dilakukan seperti pemberlakuan ganjil-genap, contraflow, one way, maupun pembatasan kendaraan tiga sumbu atau lebih. Adapun penerapan dari rekayasa lalin ini akan ditentukan dari diskresi oleh pihak Kepolisian.

“Selalu ada berita macet di Kawasan Puncak. Dengan adanya rekayasa ini diharapkan lalu lintas bisa lebih terkendali,” ujar Menhub.

Menhub mengapresiasi Kepolisian Resor Bogor yang telah mempersiapkan jalur alternatif pada masa mudik Lebaran tahun ini.

Sementara itu Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan menyebut pihaknya telah mempersiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas di Kawasan Puncak Bogor. Sejumlah skema tersebut diantaranya contraflow, ganjil-genap, hingga pengalihan arus ke jalur alternatif.

“Di jalur alternatif sudah ada petunjuk sehingga betul tidak ada pilihan lain pada saat tanggal genap hanya mobil genap saja yang dapat melewati jalur Puncak ini. Jadi secara keseluruhan sudah siap tinggal nanti masyarakat bisa tersosialisasikan tentang rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan di kawasan wisata Puncak,” jelas Aan.

Ia menambahkan, terdapat sejumlah titik rawan kemacetan di Kawasan Puncak yaitu Restoran Cimory River Side, Pasar Cisarua, dan Taman Safari.

Selama arus Mudik Lebaran 2022, Satlantas Polres Bogor, Jawa Barat, memetakan empat titik rawan kemacetan di Jalur Puncak Bogor.

Empat titik rawan macet itu adalah:

  • Berada di Bottleneck (penyempiatan jalan) Pasir Angin atau setelah lampu merah Gadog.
  • Di Simpang Megamendung
  • Di Pasar Cisarua
  • Kawasan Taman Safari.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata mengatakan, titik yang dianggap paling rawan atau sering terjadi kepadatan yakni di area wisata Taman Safari.

Pasalnya, pada hari libur diprediksi akan terjadi peningkatan kendaraan pribadi yang keluar masuk area Taman Safari.

“(Area Taman Safari) paling rawan, ya karena di sana ada persilangan arus dengan yang mau masuk maupun turun. Jadi ada 4 titik itu saja sebenernya yang rawan macet,” kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata (26/4/2022).

Ia menyampaikan bahwa jalur Puncak Bogor memiliki jalan yang cenderung sempit sehingga menimbulkan kemacetan.

Terutama saat volume persinggahan pengendara cukup tinggi pada hari libur di jalur tersebut.

Berdasar hasil analisis menunjukkan bahwa akan ada potensi peningkatan jumlah wisatawan sepanjang libur Lebaran nanti.

 

Exit mobile version