Penumpang Juanda Puluhan Ribu Per Hari, Ekstra Flight Disiapkan, Prokes Diperketat

0
38
Semen Instan Serbaguna

Berempat.com – Sidoarjo- Pascakebijakan mudik diberlakukan pemerintah, jumlah penumpang harian di Bandara Juanda terus meningkat. Pada pekan pertama hingga kedua bulan April, rata-rata jumlah penumpang per hari sejumlah 21.500 orang. Saat memasuki pekan ketiga jumlah penumpang harian tembus di angka 23.000 penumpang per hari.

Kondisi ini jelas membutuhkan penerbangan tambahan alias extra flight untuk beberapa jalur penerbangan.

“Indikasi peningkatan jumlah penumpang menjelang periode libur pada Hari Raya Idul FItri tahun ini, mulai terlihat sejak pekan ketiga,dan kami memprediksikan peningkatan ini masih akan terjadi hingga menjelang Hari H libur lebaran”  ungkap General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar.

Puncak pergerakan pesawat arus mudik lebaran tertinggi, diperkirakan pada H-3 lebaran yakni 240 pergerakan per hari. Meningkat 36 persen jika dibandingkan hari normal non peak season tahun 2022, yakni 176 pergerakan pesawat per hari. Sementara untuk jumlah penumpang tertinggi diprediksi sebanyak 37.818 pada H-2 lebaran. Jumlah itu meningkat 70 persen, dibanding jumlah penumpang harian pada hari normal non peak season tahun 2022, yang rata-rata 22.299 orang per hari.

Top Mortar Semen Instan

“Animo masyarakat untuk mudik tentu sangat tinggi, karena sudah dua tahun tidak mudik. Maka kami telah mengantispasi terjadinya lonjakan, baik pesawat maupun penumpang” ujar Sisyani.

Terkait extra flight, saat ini ada dua operator penerbangan yang telah mengajukannya. Yakni Air Asia dan Lion Air. “Hingga tanggal 19 April 2022, Air Asia telah mengajukan 19 extra flight dengan tujuan Bali dan Lion Air total mengajukan 373 extra flight untuk 4 rute yakni Banjarmasin, Balikpapan, Bali, dan Pontianak” terang Sisyani.

Ia juga mengimbau seluruh calon penumpang yang akan berangkat, memperhatikan persyaratan penerbangan. “Guna kenyamanan, kami imbau para pengguna jasa yang akan berangkat melalui Bandara Juanda agar mempersiapkan dokumen persyaratan perjalanan, serta memperhatikan betul terkait persyaratan penerbangan terkini, dan tetap menjaga prokes ketat sesuai dengan anjuran pemerintah,” pungkasnya. (Noe)

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan