Berkunjung ke Gorontalo, Menparekraf Disambut Upacar Adat Mopotilolo

0
328
(Dok: instagram/@sandiuno)
Pojok Bisnis

Gorontalo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno berkunjung ke kampung halamannya di Provinsi Gorontalo. Pada kunjungannya kali ini beliau ditemani oleh putranya, Sulaiman.

Kedatangan Menparekraf disambut oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim di Bandara Djalaludin. Selanjutnya Sandiaga disambut dengan prosesi adat mopotilolo di rumah jabatan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Sabtu (6/11)

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalountuk menyambut pejabat negara yang menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa atau dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo.

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Top Mortar gak takut hujan reels

Kemudian dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Menparekraf bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

“Alhamdulillah saya selamat sampai di Gorontalo dan disambut secara adat di Kampung halaman sendiri,” kata Sandi

Kunjungan kerja Menparekraf di Provinsi Gorontalo akan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 6 hingga 7 November 2021.

Pada hari pertama, Menparekraf Sandiaga Uno akan melakukan visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Malam harinya dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Pemerintah Provinsi Gorontalo di aula rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan