Komunitas CAF Depok-Bekasi Selenggarakan Kemping Edukasi

Selama 2 hari kemping bersama, peserta disediakan beragam acara. Mulai dari olahraga, lomba, hiburan layar tancap, hingga presentasi pengenalan alat teknologi tepat guna.

0
344
Anggota CAF beserta anggota keluarga foto bersama di sela-sela acara kemping bersama. (Dok: Komunitas CAF)

Bogor – Komunitas Camping Adventure Family (CAF) Chapter Kota Depok dan Kota Bekasi menyelenggarakan temu kangen anggota di arena perkemahan Semak Daun Village, Megamendung, Bogor, Sabtu-Minggu 27-28 Februari 2021.

Acara kemping bareng ini diselenggarakan dalam rangka perkenalan dan silaturahmi antar-anggota komunitas yang selama ini hanya dapat dilakukan melalui sarana media sosial. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh anggota komunitas dapat saling mengenal dan bekerjasama dalam berbagai hal.

Kordinator CAF Indonesia, Agus Purwanto menjelaskan kegiatan kemping bareng ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan beberapa kali dalam setahun. Tapi berhubung masih dalam kondisi pandemi Covid-19, jumlah kegiatan ini dibatasi. Itu pun dilakukan dengan jumlah peserta terbatas.

“Konsep acaranya sederhana. Semua dilaksanakan dari kita, oleh kita dan untuk kita sendiri. Jadi semua merasa memiliki acara ini. Yang penting guyup,” kata Agus.

Salah satu kegiatan yang dapat diikuti peserta kemping bareng.

Selama 2 hari kemping bersama, peserta disediakan beragam acara. Mulai dari olahraga, lomba, hiburan layar tancap, hingga presentasi pengenalan alat teknologi tepat guna berupa panel surya. Melalui pelatihan ini peserta diharapkan tertarik menggunakan sumber energi baru terbarukan (EBT) yang praktis, ekonomis dan ramah lingkungan.

“Karena acara ini ditujukan bagi seluruh anggota keluarga, kami juga menyediakan acara bagi anak-anak. Kami manfaatkan beragam sarana dan fasilitas yang ada di lokasi kemping untuk kegiatan anak, seperti kolam renang, playground dan kandang kelinci. Dengan kegiatan ini anak-anak jadi tidak mudah bosan dan tumbuh rasa ingin tahunya,” imbuh Agus.

Pengenalan teknologi tepat guna panel surya.

Agus menambahkan kegiatan seperti ini sangat perlu diselenggarakan sebagai sarana edukasi masyarakat tentang perlunya menjaga kelestarian lingkungan. Ketika berkegiatan di alam bebas masyarakat dapat merasakan langsung betapa udara yang bersih dan lingkungan yang terjaga memberikan banyak manfaat. Dengan cara seperti itu masyarakat menjadi tergerak untuk peduli dan berpartisipasi menjaga kelestarian lingkungan.

Kemping bareng CAF kali ini diikuti oleh 53 keluarga atau sekitar 200 orang. Kemping diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Panitia hanya mengizinkan peserta yang negative hasil pemeriksaan tes swab dan bersedia mengikuti ketentuan pencegahan penyebaran Covid-19 selama acara berlangsung.