AirAsia Indonesia Buka Peberbangan Khusus Kargo Medis

0
69

AirAsia Indonesia hari ini menerima plakat penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai bentuk apresiasi terhadap peran AirAsia mendukung kegiatan BNPB dalam percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia.

AirAsia telah menyelenggarakan penerbangan khusus kargo ke Surabaya pada tanggal 19 September 2020 untuk membawa muatan kargo yang sebagiannya merupakan logistik perlengkapan medis dari Guangzhou, Tiongkok.

Plakat penghargaan tersebut disampaikan dalam acara kunjungan delegasi BNPB ke Kantor Pusat AirAsia Indonesia, Redhouse, di Tangerang, Banten.

Dalam acara tersebut AirAsia juga menyampaikan informasi perkembangan operasional di tanah air, serta konektivitas AirAsia di seluruh dunia yang memungkinkan pengangkutan berbagai jenis muatan berupa logistik medis maupun komoditas esensial lainnya untuk tujuan domestik maupun internasional.

Dias Munif Budiwan, Sekretariat Satuan Tugas COVID-19, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan, “BNPB mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan layanan yang baik dari AirAsia serta semua pihak yang terlibat dalam kelancaran misi pengiriman logistik perlengkapan medis dari Guangzhou ke Surabaya. Misi ini telah turut berkontribusi terhadap percepatan penanggulangan situasi COVID-19 di tanah air.“

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga mengatakan,“Kami berterima kasih dan merasa bangga atas kepercayaan BNPB yang memungkinkan kami dapat mengambil bagian dalam misi pengangkutan komoditas esensial yang dibutuhkan oleh masyarakat di tengah berbagai keterbatasan akibat COVID-19. Kami berkomitmen menyediakan layanan dengan nilai ekonomis terbaik dengan mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan tidak hanya untuk pengangkutan bantuan tetapi juga untuk komoditas penting lainnya, agar dapat berkontribusi membantu upaya percepatan pengendalian wabah dan ketahanan perekonomian nasional.”

Sejak beroperasi kembali bulan Juni lalu AirAsia Indonesia telah mengangkut lebih dari 500 ton muatan kargo melalui penerbangan khusus kargo maupun penerbangan reguler.

AirAsia Indonesia melayani pengangkutan kargo melalui penerbangan reguler untuk muatan dengan berat total kurang dari 5 ton, dan melalui penerbangan khusus untuk muatan dalam jumlah besar dengan berat total 5 hingga 16 ton. Untuk penerbangan khusus, pesawat dapat diatur dengan konfigurasi sebagai berikut:

  1. Kombinasi sewa penumpang dan kargo (Passenger Charter): Kabin atas untuk penumpang, kompartemen bawah untuk bagasi dan barang kargo; atau
  2. Sewa khusus Kargo (Cargo Charter): Kabin atas untuk komoditas dan logistik penanggulangan COVID-19, kompartemen bawah untuk kargo dan bagasi.

AirAsia Indonesia berkomitmen memberikan nilai tambah dengan menyajikan pilihan solusi bagi berbagai permasalahan untuk pengangkutan kargo termasuk untuk kebutuhan ekspor dan impor serta repatriasi melalui charter.

Untuk memenuhi standar keamanan dan keselamatan, AirAsia menerapkan protokol kesehatan dan memberikan perlindungan tambahan terhadap barang-barang yang membutuhkan penanganan khusus untuk mencegah kontaminasi dan kerusakan. AirAsia juga menugaskan sejumlah awak kabin dan kru tambahan untuk memastikan keselamatan penerbangan demi ketenangan penyewa. Proses desinfeksi dilakukan terhadap semua armada AirAsia setiap selesai penerbangan untuk menjaga higienitas pesawat dan keamanan penerbangan berikutnya.

Untuk pemesanan layanan charter silakan email ke iaa_charter@airasia.com.