KAI-Bluebird Layani Penumpang dan Layanan Logistik Sampai ke Rumah

0
398
Pojok Bisnis

PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan PT Blue  Bird Tbk untuk memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Kereta  Api Jarak Jauh dan pelanggan Rail Express. Kolaborasi ini merupakan bagian dari Hari Ulang  Tahun ke-75 KAI pada 28 September 2020.

Sebagai tahap awal, jangkauan dari kolaborasi di kedua layanan ini akan diimplementasikan di  wilayah Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya sebelum diimplementasikan ke seluruh kota  dari layanan operasional KAI dan Bluebird.

Kerja sama secara langsung diresmikan oleh Didiek Hartantyo selaku Direktur Utama KAI  bersama Noni Purnomo selaku Direktur Utama dari PT Blue Bird Tbk di Stasiun Gambir, Jakarta  Pusat, pada Rabu, 16 September 2020. Acara juga dihadiri oleh Direktur Niaga KAI Maqin U  Norhadi, Direktur PT Blue Bird Tbk Sigit Djokosoetono dan Chief Transformation Officer PT Blue  Bird Tbk Paul Soegianto.

“Inovasi ini kami tujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI. Integrasi  layanan pada aplikasi KAI Access dan layanan Rail Express ini sebagai upaya KAI untuk  membentuk suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh,” ujar Direktur Utama KAI Didiek  Hartantyo.

Top Mortar gak takut hujan reels

Didiek menjelaskan pengembangan aplikasi dan layanan ini untuk mendukung bisnis KAI yang  ke depannya fokus pada transformasi digital.

“Bluebird selalu menerapkan visi untuk menjadi transportasi terdepan dalam memberikan  layanan yang ANDAL, yaitu Aman, Nyaman, Mudah dan Personalised dengan mengedepankan  integrasi layanan antar moda, khususnya sesama layanan transportasi publik. Oleh karena itu  kami melihat bahwa kerja sama ini merupakan sinergi sangat baik antara BUMN dan perusahaan  swasta Indonesia dalam menghadirkan jaringan antar moda yang saling terintegrasi guna turut  serta memajukan industri transportasi tanah air,” ujar Noni Purnomo, Direktur Utama PT Blue Bird  Tbk.

Peningkatan Aksesibilitas Layanan Penumpang 

Dengan integrasi layanan antara kedua belah pihak, KAI menawarkan aksesibilitas ekstra bagi  para pelanggan yang menggunakan aplikasi KAI Access. Pelanggan akan mendapatkan pilihan  untuk memesan layanan taksi Bluebird pada aplikasi tersebut. Dengan demikian fitur ini memberikan kepastian dan kenyamanan lebih bagi penumpang untuk melakukan perjalanan  hingga tujuan akhirnya.

Ke depannya, layanan ini akan dikembangkan juga untuk melayani kebutuhan layanan taksi  penumpang untuk melakukan perjalanan dari lokasi penjemputan awal menuju ke stasiun  keberangkatan.

Multi-channel booking Bluebird di KAI Access mencakup wilayah Jakarta (Stasiun Gambir dan  Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan  Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Gubeng).

“Dengan posisi KAI sebagai layanan transportasi yang diandalkan oleh jutaan masyarakat yang  tersebar di seluruh Indonesia, kami percaya akan potensi dari layanan Bluebird yang tersebar di  berbagai kota di tanah air. Kualitas dari armada dan pelayanan para pengemudi akan menjadikan  Bluebird sebagai penghubung tanpa kendala dari setiap perjalanan dengan KAI, serta  memberikan pengalaman perjalanan yang nyaman, aman dan terpercaya kepada setiap  penumpang,” ujar Noni sembari berharap dalam waktu dekat kerja sama ini dapat dilanjutkan  hingga layanan First Mile atau transportasi penjemputan awal.

“Dengan peningkatan integrasi antar moda di stasiun, diharapkan dapat semakin meningkatkan  minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dengan tetap menerapkan protokol  kesehatan yang ketat,” ujar Didiek.

Untuk mendapatkan layanan multi-channel booking Bluebird di KAI Access, pelanggan dapat  mengunduh versi terbaru dari aplikasi KAI Access. Ketika melakukan pemesanan, pelanggan  dapat langsung memesan taksi Bluebird dari stasiun tujuan ke lokasi tujuan akhir di aplikasi KAI  Access. Setelah perjalanan berakhir, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung kepada  pengemudi sesuai argo yang terpampang di taksi.

Peningkatan Aksesibilitas Layanan Logistik 

Didiek juga menjelaskan bahwa kerja sama dengan Bluebird akan menawarkan kemudahan  ekstra kepada pelanggan yang menggunakan layanan Rail Express untuk mengirim barang. Saat  mengantarkan barang ke Loket Rail Express stasiun keberangkatan, pelanggan akan  mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir  pengiriman dengan armada Bluebird.

“Hal ini memudahkan, karena penerima barang tidak perlu repot-repot datang ke stasiun untuk  mengambil barang. Cukup tunggu di rumah, dan barang akan diantarkan oleh armada Bluebird  sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga,” tambahnya.

Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani untuk pengiriman dari Jakarta  (Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen) menuju wilayah Bandung (Stasiun Bandung  dan Stasiun Kiaracondong), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi), di mana pembayaran dilakukan oleh pelanggan di loket Rail Express  stasiun keberangkatan.

Sebagai tambahan yang tak kalah spesial, dalam menyambut Hari Ulang Tahun KAI yang  pertama kali didirikan di 28 September 1945, KAI dan Bluebird memberikan program menarik  berupa pembagian voucher Bluebird kepada 1.945 (Seribu Sembilan Ratus Empat Puluh Lima)  pelanggan.

Pembagian voucher senilai Rp 15.000 akan diberikan bagi pelanggan yang menggunakan taksi  Bluebird melalui KAI Access dari stasiun kedatangan menuju ke tempat tujuan akhir. Program  berlaku mulai dari 16 September 2020 hingga 1.945 voucher dibagikan habis ke para pelanggan  di keempat stasiun KAI di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

“Semoga dengan hadirnya layanan terbaru dari kolaborasi KAI dan Bluebird akan semakin  memudahkan mobilitas pelanggan serta memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan,” tutup  Didiek.

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan