Bluebird Jamin Ketersediaan Layanan Selama PSBB Jakarta

0
3

Menyusul dengan berlakunya kembali dari penerapan  Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, PT  Blue Bird Tbk sebagai layanan taksi terdepan di Indonesia menyampaikan kesiapan  layanannya dalam memenuhi permintaan transportasi masyarakat selama PSBB. Hal ini  sejalan dengan komitmen dari perusahaan dalam menyediakan transportasi yang dapat  diandalkan oleh masyarakat dalam berbagai situasi dan kondisi, khususnya dalam  menghadapi pandemi COVID-19.

Aninda Perdana, General Manager of Corporate Communications, PT Blue Bird Tbk  mengatakan, “Bluebird memahami meski saat ini PSBB kembali diterapkan di Jakarta,  masih terdapat beberapa elemen masyarakat yang memiliki keharusan untuk tetap  bepergian di luar rumah baik karena tuntutan pekerjaan atau urusan lainnya. Oleh karena  itu kami di Bluebird telah melakukan koordinasi secara internal dalam memastikan SOP  protokol kesehatan maupun kesiapan jumlah armada siap sedia dalam memenuhi  kebutuhan tersebut.”

Aninda juga menyampaikan bahwa layanan dari Bluebird Group akan tetap patuh dan  sesuai dengan kebijakan yang telah dan akan diatur oleh pemerintah, termasuk dengan  kebijakan dari Pembatasan Kapasitas Angkut Sarana Angkutan dan Pengaturan Posisi  Duduk Penumpang yang tertera pada Surat Keputusan Nomor 156 Tahun 2020 tentang  Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Bidang Transportasi.

“Oleh karena itu, perusahaan telah melakukan sosialisasi kepada para pengemudi  mengenai jumlah batasan penumpang. Armada berjenis sedan dengan maksimal 2  penumpang di belakang, sedangkan armada kami yang berjenis MPV dapat mengangkut  total 3 penumpang, yaitu 2 penumpang di baris kedua dan 1 penumpang di baris ketiga.  Kami yakin para penumpang setia Bluebird akan turut mematuhi serta memahami bahwa  kebijakan ini bertujuan untuk keselamatan kita Bersama,” tambah Aninda.

SOP Protokol Kesehatan

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, Bluebird telah menerapkan  protokol kesehatan sebagai salah satu prioritas utama sebagai antisipasi dari penyebaran  virus COVID-19. Aninda menjelaskan bahwa serangkaian tindakan preventif telah dilakukan, mulai dari pembersihan armada secara menyeluruh baik sebelum maupun sesudah beroperasi, pengecekan kondisi pengemudi secara teratur guna memastikan  mereka fit ketika beroperasi, penyediaan hand sanitizer di armada.

Kepedulian perusahaan terhadap kondisi fit dari pengemudi juga telah menjadi protokol  yang sudah lama diterapkan oleh Bluebird, di mana perusahaan telah menyediakan  fasilitas JPK3 (Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Karyawan dan Keluarga) yang tersedia  di masing-masing klinik pool. Penanganan dari JPK3 ini merupakan fasilitas tanpa biaya  untuk memastikan kondisi pengemudi selalu fit ketika melayani para pelanggan setia  Bluebird.

shuttle Bigbird dan Goldenbird

Sebelumnya pada Maret 2020, Bluebird telah menghadirkan serangkaian inovasi, dari  layanan pengantaran logistik, yaitu Bluebird BirdKirim. Program ini diluncurkan sebagai  solusi dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang tetap beraktivitas di rumah namun  harus memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan bahan makanan, kebutuhan  rumah tangga, pengiriman barang dan lain-lain.

“Layanan ini telah terbukti menjadi salah satu solusi saat PSBB pertama kali berjalan di  Maret lalu. Tentunya kami berharap layanan BirdKirim dapat kembali menjadi andalan  masyarakat,” ujar Aninda sembari menambahkan bahwa program BirdKirim dapat secara  mudah diakses melalui aplikasi MyBluebird,

Sebagai tambahan, Aninda juga menginformasikan bahwa saat ini Bigbird dan  Goldenbird telah menjadi opsi bagi perusahaan-perusahaan dalam menyediakan  transportasi bagi para karyawannya. Langkah Bluebird Group dalam menyediakan opsi shuttle Bigbird dan Goldenbird merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat maupun  karyawan perusahaan yang memiliki perhatian khusus terhadap pilihan transportasi  umum yang aman, nyaman dan tentunya menerapkan protokol kesehatan dengan  maksimal.