Terbang Aman dengan Batik Air dari Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo

0
200
Dok Lion Air

Batik Air (kode penerbangan ID) dan Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terkini dalam rangka menawarkan pilihan kemudahan perjalanan udara dari dan ke Jogja serta wilayah sekitar, dapat ditempuh melalui Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA).

Lion Air dan Batik Air beroperasi secara keseluruhan di gerbang udara Yogyakarta tersebut pada 29 Maret 2020 hingga sekarang. Untuk penerbangan perdana Batik Air di YIA mulai pada 25 Mei 2019. Lion Air Group akan terus mengembangkan jaringan penerbangan secara  bertahap.

Lion Air Group mengucapkan terima kasih atas dukungan, kerjasama dari pengelola bandar udara, regulator, pengatur lalu lintas udara serta mitra yang terkait dalam menjalankan setiap operasional. Pada kesempatan ini, Liion Air Group menyampaikan apresiasi, selamat dan sukses atas peresmian YIA oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Lion Air Group menyatakan seluruh operasional dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP), yang mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan (safety first) penerbangan.

Ketersediaan jaringan dan waktu keberangkatan serta kedatangan oleh Lion Air dan Batik Air di YIA diharapkan dapat menjadi pilihan tepat dalam bepergian yang semakin melengkapi perjalanan udara tujuan Yogyakarta secara langsung (non-stop) maupun penerbangan lanjutan (connecting flight).

Lion Air dan Batik Air di Yogyakarta Kulonprogo menyediakan kota tujuan langsung dan saling terkoneksi ke Jakarta (Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma), Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Palembang, Pangkalpinang, Tanjung Karang-Lampung, Pontianak, Palangkaraya, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Berau, Tarakan, Makassar, Palu, Kendari, Luwik, Gorontalo, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Jayapura, Denpasar, Lombok, Bima, Kupang, Waingapu, Labuan Bajo, Maumere, Rote dan destinasi lainnya.

Untuk fasilitas di Bandar Udara YIA, terminal keberangkatan domestik Batik Air berada di Island B, meja pelaporan (counter check-in) nomor B25-B32. Untuk Lion Air keberangkatan domestik di Island C, counter check-in nomor C9-C16. Layanan pelanggan (customer services) sampai saat ini terdapat atau tersedia di masing-masing Island.

Ruang tunggu (boarding gate/ waiting room) berada di lantai 3, yang akan terbagi menggunakan jalur penghubung (aviobridge atau garbarata) dan menggunakan bus (neoplane).

Layanan serta operasional Lion Air dan Batik Air di Yogyakarta Kulonprogo menandai YIA sebagai bandar udara kedua di Yogyakarta dan bandar udara kelima di kawasan Jogja Solo Semarang (Joglosemar) yang dilayani Lion Air Group untuk penerbangan sipil komersial.

Dengan demikian, memberikan harapan untuk dapat mengakomodir kebutuhan perjalanan udara bagi penumpang yang berasal dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Magleng, Kabupaten Klaten dan daerah lainnya.

Dalam kaitan upaya memberikan layanan kepada penumpang, guna memberikan kenyamanan dan menambah pengalaman terbang, Lion Air mengoperasikan Boeing 737-800 Next Generation (NG) bekapasitas 189 kelas ekonomi dan Boeing 737-900ER dengan 215 kursi kelas ekonomi. Armada generasi modern Lion Air sudah dilengkapi interior kabin terbaru.

Beberapa pesawat sudah terpasang Lion Entertainment, fasilitas Lion Air dalam menyediakan hiburan (inflight entertainment) ketika melakukan penerbangan guna memberikan pengalaman terbang semakin menyenangkan. Konten yang disediakan dalam W-IFE dari AirFi Indonesia sangat beragam dan menarik, antara lain film-film (Hollywood, Bollywood, Korea, Mandarin, Indonesia), video untuk anak-anak, majalah, permainan, percakapan pesan singkat dalam kabin (chat onboard) serta fitur unggulan yang lain.

Batik Air memberikan pengalaman terbaik setiap tamu berkesan selama penerbangan dengan salah satu armada terbaru Airbus 320-200CEO dan Airbus 320-200NEO menawarkan berkapasitas 12 kursi kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi, Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi), Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi). Seluruh armada dilengkapi inflight entertainment (audio video on demand) di setiap kursi, jarak antarkursi (seat pitch) lega, serta sajian makanan (inflight meals).

Pelaksanaan penerbangan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan dan keselamatan meliputi pengaturan ketika antre pelaporan (check-in), di ruang tunggu, mulai masuk ke kabin pesawat (boarding). 1. Tiba lebih awal sebelum keberangkatan. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang ketika check-in. Counter check-in Lion Air Group akan ditutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan penerbangan domestic, 2. Menunjukkan kartu identitas diri yang sah (KTP atau tanda pengenal lainnya),

3. Mengenakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara, 4. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer), 5. Mengikuti aturan jarak aman (physical distancing) selama di terminal bandar udara, 6. Menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat, 7. Mengikuti petunjuk awak pesawat, 8. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diakses (download) melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia (Android) atau http://sinkarkes.kemkes.go.id/ehac  .

Untuk wilayah Yogyakarta, Lion Air Group kerjasama dengan fasilitas kesehatan setempat dan Dompet Dhuafa Republika menyediakan layanan Rapid Test Covid-19. Fasilitas yang tersedia 5 (lima) lokasi saat ini berada di Bandar Udara Internasional Yogyakarta Kulonprogo, Sleman dan Bantul. Dengan harapan penumpang akan mendapatkan nilai lebih, efektif dan efisien dengan kehadiran tempat atau lokasi layanan kerjasama Lion Air Group untuk Rapid Test Covid-19.

Penyelenggaraan Rapid Test Covid-19 sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group, terjangkau dengan masa berlaku selama 14 hari. Setiap penumpang akan memperoleh surat keterangan hasil uji kesehatan Rapid sebagai salah satu kelengkapan dokumen penerbangan sesuai ketentuan.

Sejalan mengimplementasikan safety first, standar operasional prosedur selama masa waspada pandemi Covid-19, mencakup semua awak pesawat yang aktif terbang sudah melakukan uji atau tes kesehatan dengan hasil negatif, pemeriksaan kesehatan awak pesawat tetap dilakukan sebelum penerbangan (pre-flight health check), guna menentukan kondisi sehat serta laik terbang (airworthy for flight).

Dari sisi pesawat udara yang dioperasikan, bahwa semua pesawat sebelum terbang dilaksanakan penyemperotan desinfektan, dalam upaya memastikan sterilisasi dan kebersihan pesawat. Selain itu peningkatan kegiatan kebersihan pesawat udara secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC).

Semua pesawat telah didukung dan memiliki sistem penyaringan udara kabin dan partikel yang kuat, yakni dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter. Perangkat tersebut terpasang dan bekerja menggunakan sejumlah metode filtrasi yang menyaring lebih dari 99,9% jenis partikel dalam berbagai ukuran, termasuk virus dan bakteri