Wings Air Buntu Kunik Melakukan Uji Kemampuan Pesawat di Wilayah Tana Toraja

0
687
Pojok Bisnis

Wings Air (kode penerbangan IW) member of Lion Air Group memberikan informasi terbaru terkait pelaksanaan uji coba terbang awal (proving flight) pada hari ini yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) tujuan Bandar Udara Buntu Kunik Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (TRT), bahwa telah berlangsung baik, sesuai jadwal dan berjalan lancar.

Operasional tetap mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first). Dalam proving flight ini, Wings Air membawa empat kru (awak kokpit dan awak kabin); flight operation officer (FOO), teknisi dan pihak terkait. Total waktu tempuh sekali jalan (one way) berkisar 50 menit.

Wings Air mengoperasikan salah satu armada tipe ATR 72-600 registrasi PK-WJO. Pesawat lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 09.54 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08) dan tiba di Toraja Airport pada 11.07 WITA. Pendaratan perdana ini disambut oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara beserta jajaran dan perwakilan pemerintah daerah.

Untuk penerbangan kembali, Wings Air berangkat dari Tana Toraja pada 12.50 WITA dan sudah mendarat dengan mulus di Sultan Hasanuddin Airport pukul 13.25 WITA.

Top Mortar gak takut hujan reels

Tujuan utama proving flight ialah bagian langkah strategis perusahaan dalam upaya melakukan pengkajian pasar dan potensi layanan penerbangan berjadwal atau rute evaluasi. Selain itu, Wings Air menguji kemampuan (kapabilitas) pengoperasian pesawat ATR 72 di Bandar Udara Toraja yang menjadi salah satu pintu masuk ke Kabupaten Tana Toraja.

Wings Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama kru pesawat, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara dan pihak terkait yang mendukung penuh operasional sehingga proving flight terlaksana secara tepat.

Dalam waktu dekat Wings Air akan memulai melayani penerbangan reguler penumpang berjadwal pada rute Makassar – Toraja pergi pulang (PP). Besar harapan, agar layanan penerbangan dimaksud dapat beroperasi sebagaimana rencana perusahaan.

Ketersediaan jadwal penerbangan di waktu mendatang, Wings Air optimis dapat memberikan pilihan perjalanan menggunakan pesawat udara dengan waktu relatif singkat, efektif dan terjangkau, terutama bagi penumpang yang berasal dari Makale, Bittuang, Bonggakaradeng, Kurra, Makale Selatan, Makale Utara, Malimbong Balepe, Mappak, Masanda, Rano, Rantetayo, Rembon, Simbuang, Sangalla dan daerah lain di sekitar.

Sirkulasi Udara di Kabin Terjaga Baik

Kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi, sehingga siklus udara terjamin bersih. Dalam hal ini, bagian kesungguhan terhadap kesehatan karyawan serta penumpang, sejalan upaya memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Aliran udara dari atas (langit-langit kabin) bergerak satu arah ke bawah (lantai), yang meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin (blown transversally and vertically). Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).

Volume udara kurang lebih 95 meter kubik di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu 5 sampai dengan 7 menit dengan mengandalkan 2 buah mekanisme ECS packs Operative, 2 buah Recirculation dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

Wings Air memaksimalkan berbagai langkah guna pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain mengatur proses masuk dan keluar penumpang dari pesawat udara secara berurutan guna meminimalkan kepadatan. Pada pesawat ATR, naik dan turun dari pintu bagian belakang. Hal ini akan meminimalsir interaksi bertatapan langsung (face to-face) antara penumpang. Area dapur (galley) yang terletak di bagian belakang juga meminimalkan interaksi tatap muka antara penumpang dan awak kabin.

Dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan penerbangan, Wings Air juga telah meningkatkan fase sterilisasi seluruh armada. Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat).

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan