Rayakan Kemerdekaaan RI, Lebih dari 6,5 Juta Masyarakat Panjat Pinang Virtual di Aplikasi Grab

0
90

Grab Indonesia ajak seluruh masyarakat untuk memeriahkan Kemerdekaan Indonesia yang ke 75 di era kebiasaan baru lewat #PestaSatu7an. Secara virtual, masyarakat diajak untuk berpartisipasi dalam panjat pinang se-Indonesia untuk mencapai satu tujuan di puncaknya, yaitu konser musik virtual bersama sederet musisi dan performer kebanggaan tanah air, antara lain Gigi, Kikan, Dipha Barus, Marion Jola, Diskoria, Soleh Solihun, dan akan dipandu oleh pembawa acara kenamaan, Surya dan Adit pada 21 Agustus 2020. Dalam upaya mencapai puncak pinangnya, setiap orang diajak untuk membantu UMKM Indonesia dengan bertransaksi di aplikasi Grab.

“Era kebiasaan baru ini mendorong kita untuk bisa lebih inovatif dan kreatif dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.  17 Agustus bukan hanya hari jadi bangsa ini tapi juga wujud dari semangat inklusif dan gotong royong masyarakat kita. Pesta Satu Tujuh-an merupakan tanda terima kasih Grab kepada jutaan masyarakat Indonesia yang terus setia bertransaksi dengan aplikasi Grab sehingga secara bergotong royong mendorong roda perekonomian jutaan orang lainnya di masa pandemi ini, termasuk para UMKM dan mitra Grab. jelas Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia.

Terinspirasi dari salah satu lomba ikonik di Hari Kemerdekaan, #PestaSatu7an menghadirkan Lomba Panjat Pinang Virtual Se-Indonesia, sebuah lomba panjat pinang virtual kolaboratif yang bisa diikuti seluruh masyarakat Indonesia. Dengan setiap transaksi yang dilakukan masyarakat melalui platform Grab diantaranya GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, hingga GrabKios, panjatan pinang bertambah sedikit demi sedikit hingga sampai di puncak.

Di puncak ketinggian pinang, masyarakat Indonesia yang telah bergotong-royong memanjat pinang virtual ini akan menggapai hadiah menarik berupa konser musik virtual yang dapat disaksikan melalui Youtube Grab Indonesia: https://grb.to/PestaSatu7an. Hadiah ini menjadi apresiasi bagi para pengguna yang tidak pernah berhenti bertransaksi dan membantu UMKM merdeka dari tantangan saat ini.

Dalam lomba virtual yang dilaksanakan selama 2 minggu terdapat lebih dari 6,5 juta masyarakat Indonesia yang ikut memanjat pinang. Terjadi peningkatan transaksi sebanyak lebih dari 10% yang membantu berputarnya roda perekonomian UMKM Indonesia. Dari upaya mereka memanjat pinang, mereka juga berkontribusi langsung kepada lebih dari 250 ribu UMKM yang terdaftar di platform Grab, terutama di 5 kota besar yang paling antusias memanjat, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan Semarang.

Sama seperti UMKM dan pekerja informal, industri musik juga tengah terdampak akibat situasi pandemi saat ini. Oleh karena itu, Grab Indonesia mengajak para pekerja seni ini untuk berinovasi dalam berkarya lewat konser musik virtual. Ajang ini ditujukan agar mereka dapat melepas rasa rindu beraksi di panggung dan menyapa para penggemar mereka dan juga turut berbagi bersama UMKM Indonesia. 

Pada kesempatan ini, untuk pertama kalinya Dipha Barus juga akan mempersembahkan live act dari single terbarunya khusus di acara #PestaSatu7an. Selain itu, Kikan juga akan mempersembahkan kolaborasi dengan 75 ekosistem Mitra Grab yang akan menampilkan 8 bahasa suku dari 17 kota di Indonesia.

“Sejalan dengan tema Kemerdekaan Indonesia yang ke-75, Bangga Buatan Indonesia, Grab Indonesia juga turut bangga melihat semangat #TerusUsaha dari setiap individu, pekerja seni, maupun UMKM di masa penuh tantangan ini. Dengan cara baru merayakan Kemerdekaan ini, kami berharap bahwa semangat kemerdekaan tetap menyala sambil tetap menjaga kesehatan kita semua,” tutup Neneng.