Cara Merawat Aki Mobil Saat Terparkir Lama

0
1075
Pojok Bisnis

Kondisi pandemi saat ini pasti membuat banyak Mitsubishi Family yang #dirumahaja, sehingga mobil Mitsubishi kesayangan menjadi jarang digunakan. Nah, ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang harus diperhatikan terutama soal perawatan aki atau baterai mobil. Pasalnya saat mobil hanya parkir lama di garasi tentunya tidak membuat aki mobil menjadi lebih awet. Justru sebaliknya, aki akan mudah tekor atau soak saat mesin dihidupkan.

Hal ini diakibatkan karena tidak adanya siklus pengisian ulang yang biasa terjadi saat mesin hidup atau ketika mobil berjalan. Umumnya pada mobil yang jarang digunakan Anda bisa merawatnya dengan cara memanaskan mesin sesekali waktu.

Tapi tetap ada cara perawatan yang lebih detil untuk aki mobil ketika mobil jarang dipakai. Menurut Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat mobil hanya terparkir dalam waktu lama tentu ada penurunan daya pada aki meskipun terbilang kecil.

Pertama adalah kenali dulu jenis aki mobil Mitsubishi Anda. Apakah tipe aki basah atau tipe aki kering (maintenance free). Pada tipe aki basah, mengecek kondisi aki bisa diperhatikan pada batas atas dan bawah cairan elektrolit. Bila batas cairan mendekati batas bawah berarti harus ditambah. Pada tipe aki kering (maintenance free), umumnya terdapat indikator warna kemampuan aki. Warna biru menandakan aki masih dalam kondisi prima, warna putih tanda aki butuh tambah setrum, dan merah wajib ganti.

Top Mortar gak takut hujan reels

Periksa terminal aki

Langkah berikutnya dengan memeriksa terminal aki atau kondisi luar baterai. Jika ada kotoran berwarna putih seperti kerak maka harus segera dibersihkan. Lepas semua konektor aki, kemudian siram kerak putih tadi dengan menggunakan air hangat.

Nyalakan mesin 3 hari sekali

Untuk tetap menjaga kondisi aki mobil tetap prima, ada baiknya Mitsubishi Family memanaskan mobil secara rutin. Dengan menyalakan mesin setiap 3 hari sekali bisa membuat aki mobil tetap terisi.

Jaga putaran mesin konstan

Memang aki mobil bisa terisi ketika mobil dipanaskan setiap 3 hari sekali. Tapi akan lebih baik jika mobil dibawa jalan di sekitar rumah selama 10 sampai 15 menit. Pasalnya untuk pengisian daya ke aki tetap maksimal harus dijaga di putaran mesin 1.500 rpm. Agar maksimal, mau tidak mau Anda harus sedikit menekan pedal gas agar tekanan RPM bisa naik dan proses pengisian berjalan sempurna. Bisa saja dinyalakan di garasi, tapi akan menimbulkan polusi.

“Untuk merawat aki mobil, tidak akan efektif jika hanya dalam kondisi diam dengan putaran mesin (RPM) langsam. Paling baik itu mobil harus dibawa jalan agar proses pengisian daya dari alternator ke baterai berlangsung maksimal. Lebih baik dibawa jalan sebentar, agar RPM bisa tercapai di untuk membuat arus listrik ke aki maksimal. Paling ideal itu di atas 1.500 RPM, dan ketika mobil dibawa jalan itu juga membuat komponen lain yang bekerja juga terjaga kondisinya,” jelas Boediarto.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.