Jelang Lebaran Permintaan Layanan Pengantaran hingga Belanja Grab Naik

0
110

Tidak terasa Bulan Ramadan akan segera berlalu, kita pun akan menyambut Hari Lebaran yang sudah dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia yang telah menjalani ibadah puasa. Sudah menjadi budaya semenjak dahulu bahwa Hari Lebaran sangat identik dengan mudik ke kampung halaman, silaturahmi dengan sanak saudara, makan bersama, serta berbagi parsel dengan kerabat. Namun, lebaran kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya himbauan untuk physical distancing dan juga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat Indonesia terpaksa harus melakukan kegiatan #dirumahaja atau secara virtual.

GrabAssistant

Salah satu layanan terbaru yang diluncurkan oleh Grab adalah GrabAssistant, dimana pengguna dapat meminta bantuan kepada mitra pengemudi untuk membelanjakan barang di toko pilihan pengguna seperti toko kelontong atau toko lainnya. Seiring semakin sibuknya masyarakat masa kini dan terbatasnya mobilisasi, GrabAssistant dapat membantu berbagai kebutuhan mendesak. Mitra pengemudi akan membayar barang yang telah dibelanjakan dan pengguna dapat membayarnya setelah barang telah sampai.

Tidak perlu bingung bagaimana caranya membeli keperluan parcel dan hampers sebelum Lebaran karena fitur GrabAssistant yang akan membantumu untuk belanja dari toko manapun. Pengguna hanya perlu mencantumkan detail barang yang akan dibeli serta estimasi harga barang, di mana tokonya, dan mitra pengantaran Grab siap bantu memenuhi belanjaan. Transaksi dilakukan dengan metode cash on delivery.

Salah satu pengguna layanan GrabAssistant adalah Jessyca, pemilik Toko Sembako Yenny yang terus berjualan selama pandemi COVID-19 dan juga di bulan Ramadan ini untuk terus menyediakan kebutuhan sehari-hari pelanggannya. Jessyca mengaku sangat terbantu dengan adanya GrabAssistant.

“Pelanggan toko saya bisa minta tolong terlebih dahulu kepada mitra pengantaran untuk membayar barang yang akan dibeli. Limitnya pun mencapai Rp200.000 untuk armada GrabBike dan Rp500.000 untuk armada GrabCar. Ketika pesanan sampai ke tujuan, pelanggan bisa langsung melakukan pelunasan kepada mitra pengantaran. Oleh karena itu, pelanggan saya merasa sangat terbantu dan penjualan saya pun semakin bertambah hingga 3 kali lipat,” jelas Jessyca.

Grab juga melihat adanya peningkatan yang signifikan dalam layanan pengantaran dan juga pembelian barang di toko. Sebelumnya, data Grab juga mencatat bahwa jumlah pesanan GrabExpress di segmen social seller pada Maret 2020 terus naik hingga lebih dari 40% dibandingkan bulan sebelumnya. Kemudian, data juga menunjukkan pertumbuhan penggunaan fitur GrabAssistant yang meningkat hingga 2.5 kali lipat selama sebulan terakhir.

Ia menambahkan bahwa fitur baru GrabAssistant banyak diminati masyarakat karena sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan dimana masyarakat bisa berbelanja keperluan mendesak untuk mengisi parsel ataupun paket Ramadan dari toko apapun dengan mencantumkan detail alamat, barang yang akan dibeli dengan jelas serta estimasi harga barang lalu kemudian mengantarkannya ke pengguna dan pengguna dapat membayar biaya paket langsung ke mitra pengemudi dengan cara tunai.

Siap Antar

Ingin menjaga jarak sekaligus tetap menjalankan silaturahmi dengan kerabat seperti Hari Lebaran sebelumnya? Oleh karena itu, untuk dapat mendukung tradisi ini, Grab siap antarkan kiriman Lebaranmu melalui layanan GrabExpress. Mulai dari kue Lebaran, parsel, hampers hingga masakan khas Lebaran bisa diantar dengan mudah melalui GrabExpress. GrabExpress juga telah memberikan kode promo khusus yaitu ‘SIAPANTAR’ dan ‘SIAPANTAROVO’ dengan diskon hingga 90% yang dapat digunakan oleh pengguna. Untuk penggunaan kode promo tersebut sangatlah mudah, pelanggan hanya perlu memasukkan kode promo “SIAPANTAR” untuk pembayaran tunai atau “SIAPANTAROVO” untuk pembayaran dengan saldo OVO di bagian Promo.

Tyas Widyastuti, Head of GrabExpress mengatakan bahwa Grab dengan layanan GrabExpress siap untuk mengantar kiriman lebaran masyarakat Indonesia dengan cepat dan tepat. “Dengan berbagai kemudahan yang dimiliki oleh GrabExpress, tradisi saling berbagi di Lebaran dapat dilakukan dengan mudah. Masyarakat dapat menggunakan GrabExpress Instant Bike untuk barang dengan ukuran kecil dan juga GrabExpress Instant Car untuk barang dengan ukuran besar dan jumlah yang banyak,“ ujar Tyas.

GrabExpress telah memiliki berbagai macam layanan yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh para pengguna untuk bisa mengantar kiriman Lebaran dengan aman, cepat dan tepat. Layanan-layanan tersebut antara lain:

  • GrabExpress Instant Bike: Bagi pengguna yang ingin mengantar barang ukuran kecil di kota yang sama, dapat menggunakan layanan ini agar kiriman Lebaran Anda dapat sampai secara cepat dan aman.
  • GrabExpress Instant Car: Untuk barang ukuran besar dan dikirimkan ke kota yang sama, pengguna dapat menggunakan layanan ini supaya kiriman Lebaran bisa sampai ke penerima dengan cepat. Tidak hanya itu, ketika menggunakan layanan ini, pengguna bisa kirim barang hingga ke lima destinasi sekaligus dalam satu kali pemesanan. Dengan menggunakan GrabExpress Instant Car, pengiriman barang juga lebih aman karena adanya asuransi barang, bukti pengiriman, dan fitur pelacakan kiriman. Berikut ada tutorial singkat kalau pengguna mau kirim parcel atau barang besar lainnya dengan GrabExpress
  • GrabExpress berkolaborasi dengan Ninja Xpress: Bagi pengguna yang ingin mengantar kiriman Lebaran ke kota lain, Grab telah berkolaborasi dengan Ninja Xpress agar pengguna bisa mengantar kiriman barang ke seluruh kota di Indonesia.

Online Seller Terus Maju

Sebagai upaya untuk terus mendukung perkembangan UMKM di Indonesia khususnya selama pandemi COVID-19 sekaligus turut serta dalam gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, GrabExpress mengadakan Kompetisi Pasar Kaget GrabExpress dari tanggal 18 – 31 Mei 2020. Melalui kompetisi ini, GrabExpress mengajak para pemilik bisnis lokal untuk menggunakan GrabExpress sebagai layanan pengantaran kepada pelanggan.

Sepuluh bisnis dengan transaksi tertinggi dalam menggunakan layanan pengantaran GrabExpress akan terpilih menjadi pemenang. Hadiahnya berupa penayangan profil bisnis pemenang di Instagram Story dan Highlight, serta akun @GrabId akan mengadakan sesi LIVE di Instagram Influencer terkenal yang dapat membuat bisnis para pemenang semakin dikenal oleh khalayak ramai.

“Melalui berbagai layanan dan kegiatan ini, kami harap dapat membantu masyarakat Indonesia untuk terus menjaga silaturahmi pada saat Hari Lebaran yang memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kami juga berharap layanan dan kegiatan ini dapat terus membantu para UMKM di Indonesia untuk terus berkembang dan bertahan selama pandemi ini. Selain itu kami juga ingin terus mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia agar para UMKM ini bisa terus mempertahankan bisnis mereka agar menjadi pilar yang kuat untuk perekonomian Indonesia,” tutup Tyas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.