Melaju Cepatnya Industri Game Lokal, Dampak Perpres 19/2024?

0
127
Melaju Cepatnya Industri Game Lokal, Dampak Perpres 19/2024?
Melaju Cepatnya Industri Game Lokal, Dampak Perpres 19/2024?
Pojok Bisnis

Presiden Jokowi telah menandatangani Perpres Nomor 19 pada tahun 2024 yang fokus pada mempercepat pertumbuhan industri game di Indonesia, disertai dukungan kuat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) guna memperkuat ekosistem serta industri game lokal yang sedang mengalami pertumbuhan pesat.

Industri game di Indonesia menunjukkan potensi besar dengan jumlah pemain mencapai 174,1 juta pada tahun 2022. Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan bahwa Indonesia memiliki persentase pemain game tertinggi di Asia Tenggara, yakni mencapai 43%.

Keberhasilan Indonesia sebagai pasar mobile game terbesar ketiga menurut banyaknya unduhan di Google Play menegaskan potensi industri game lokal.

Kesuksesan Game Lokal di Pasar Internasional!

Data dari Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024 menunjukkan bahwa game buatan developer Indonesia berhasil terjual dalam jumlah yang signifikan dengan pendapatan yang sangat baik.

Top Mortar gak takut hujan reels

Secara khusus, game lokal telah mencapai kesuksesan dalam sektor cloud gaming, dengan jumlah game lokal Indonesia di platform besar seperti “Steam” mencapai 256 per Januari 2024.

Perpres Nomor 19/2024 diharapkan memberikan dorongan dan perubahan signifikan bagi pelaku industri kreatif. Potensi pasar game Indonesia yang besar dengan pendapatan yang diproyeksikan mencapai 1.117 juta dolar AS, terutama dari industri game online yang bernilai 343 juta dolar AS pada tahun 2023, tentu saja ini memberikan harapan besar bagi pengembangan industri game di tanah air.

Masa Depan Cerah Bagi Industri Game di Indonesia

Dengan disahkannya Perpres ini, diharapkan industri game tanah air dapat memperluas pangsa pasar domestiknya, meningkatkan jumlah pelaku industri kreatif, dan bersaing di pasar global.

Berbagai lebihan dan keuntungan diharapkan akan dirasakan, termasuk dalam pengembangan riset, pendidikan, pendanaan, infrastruktur, pemasaran, hingga perlindungan kekayaan intelektual.

Delapan poin utama yang ditekankan dalam Perpres Nomor 19/2024 mencakup beragam aspek penting bagi pelaku subsektor pengembang permainan. Langkah ini diharapkan dapat memberikan gairah bagi pengembang industri game Indonesia untuk terus tumbuh dan bersaing secara global di masa yang akan datang.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan