Hyundai Ioniq 6: Mobil Listrik Modern dengan Daya Tempuh Luar Biasa

0
6772
Hyundai Ioniq 6
Hyundai Ioniq 6: Mobil Listrik Modern dengan Daya Tempuh Luar Biasa
Pojok Bisnis

Hyundai Ioniq 6 telah resmi meluncur di Indonesia, membawa teknologi canggih dan daya tempuh yang mengesankan. Produsen asal Korea Selatan ini mengklaim bahwa Ioniq 6 mampu menempuh perjalanan dari Jakarta hingga Magelang hanya dengan satu kali pengisian baterai.

Selain itu, Ioniq 6 juga tampil dengan berbagai fitur kekinian yang membuatnya menjadi pilihan menarik di segmen mobil listrik. Mari simak spesifikasi lengkapnya di bawah ini.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia, menjelaskan bahwa Ioniq 6 memiliki segmen yang berbeda dengan pendahulunya, Ioniq 5. Ioniq 6 akan membuka segmen sedan listrik untuk merek Korea Selatan ini.

“Ioniq 6 tidak akan menggantikan Ioniq 5. Keduanya memiliki segmen yang berbeda. Ioniq 5 lebih berukuran midsize, sementara Ioniq 6 hadir dengan desain sedan modern,” ujar Soerjo di ICE BSD Tangerang, Banten, pada Senin (14/8/2023).

PT Mitra Mortar indonesia

Ioniq 6 menganut prinsip Electrified Streamliner dengan desain yang sporty dan modern, dan memiliki koefisien hambatan udara yang rendah, mencapai angka 0,21. Hyundai mengklaim Ioniq 6 sebagai salah satu mobil listrik dengan aerodinamika terbaik. Detail lain yang menarik adalah gagang pintu menggunakan teknologi Flush Door Handles, yang sejajar dengan bodi mobil ketika terkunci.

Dengan tampilan yang modern dan mewah, Ioniq 6 dilengkapi dengan velg alloy berukuran 20 inci. Kesannya yang mewah dan futuristik juga terpancar melalui desain lighting Parametric Pixels pada lampu depan, lampu belakang, dan Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp di rear spoiler.

Inspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), Hyundai merancang Ioniq 6 dengan fokus pada kenyamanan dan keleluasaan pengguna. Mobil ini menggunakan platform E-GMP yang juga digunakan oleh Ioniq 5. Dengan wheelbase sepanjang 2.950 mm, Ioniq 6 memiliki interior yang lebih luas dibandingkan dengan model BEV lainnya.

Ukuran keseluruhan Ioniq 6 mencapai panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, serta tinggi 1.495 mm, dilengkapi dengan jarak tanah (ground clearance) sebesar 141 mm.

Ditenagai oleh baterai berkapasitas 77,4 kWh dan dual motor dengan sistem penggerak all-wheel drive, Ioniq 6 memiliki tenaga sebesar 239 kW dan torsi 605 Nm. Pada pengujian simulasi, kendaraan ini mampu meraih kecepatan 0-100 km/jam dalam hanya 5,1 detik, dan mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 185 km/jam.

Ioniq 6 juga menonjolkan efisiensi daya untuk perjalanan jarak jauh. Dari hasil pengujian Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), mobil ini mampu menempuh jarak hingga 519 km per pengisian baterai dengan konsumsi energi sekitar 16,9 kWh per 100 km.

Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia, mengungkapkan bahwa Hyundai Ioniq 6 memiliki daya tempuh yang sangat memadai.

“Dengan jangkauan 519 km, setara dengan perjalanan Jakarta-Magelang, Jawa Tengah, dengan hanya satu kali pengisian baterai,” jelas Bonar.

Dengan segala fitur unggulan dan daya tempuh yang luar biasa, Hyundai Ioniq 6 menjadi pilihan menarik di pasar mobil listrik Indonesia. Dengan desain modern, teknologi canggih, dan efisiensi energi yang tinggi, Ioniq 6 membuktikan komitmen Hyundai dalam menghadirkan mobil ramah lingkungan yang tidak hanya elegan tetapi juga handal.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan