Pertamina Sumbang Green House Tenaga Surya untuk Petani IKN

0
421
Pertamina Sumbang Green House Tenaga Surya untuk Petani IKN
Pojok Bisnis

Penajam – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Kalimantan Timur, memberikan bantuan berupa green house tenaga surya untuk pembibitan hortikultura yang memanfaatkan panel surya sebagai energi utama penyiraman benih kepada petani Kabupaten Penajam Paser Utara yang merupakan lokasi IKN Nusantara,

“Kami luncurkan Program Ketahanan pangan Desa Girimukti (Kenari) diawali terbentuk Kelompok Tani Bina Usaha Muda beranggotakan 16 orang petani bergerak di bidang hortikultura,” ujar Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Perangin Angin di Penajam, Kamis (16/3).

PT KPI Unit Balikpapan memberikan bantuan sarana prasarana kepada Kelompok Tani Bina Usaha Muda Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, mengembangkan demplot untuk tanaman melon.

Pihaknya melihat lokasi lahan Desa Girimukti sangat strategis untuk melaksanakan program pertanian berkelanjutan karena didukung tanah dan air yang melimpah, sehingga memiliki potensi mendukung swasembada pangan di kabupaten itu.

Top Mortar Semen Instan

Peluncuran Kenari yang merupakan bentuk tanggung jawab sosial (CSR) KPI ditandai dengan panen buah melon bersama kelompok para pemangku kepentingan di wilayah itu.

“Kami dapat bantuan dari PT KPI Unit Balikpapan berupa panel tenaga surya untuk hemat energi, dan bantuan pembuatan demplot yang saat ini ditanami 8.000 pohon buah melon,” ucap Ketua Kelompok Tani Bina Usaha Muda Desa Girimukti, Ketut Harianto.

Pihaknya berharap PT KPI Unit Balikpapan mendampingi Tani Bina Usaha Muda hingga dapat mandiri dan hasil tanaman bisa bersaing di pasar yang lebih luas.

Kepala Desa Girimukti Hendro Jatmiko meminta PT KPI Unit Balikpapan membuka akses kepada petani agar pangsa pasar penjualan hasil panen lebih luas. Ia juga berharap petani tidak hanya menjual hasil panen melon dalam bentuk buah tetapi ada produk turunan yang bisa menambah nilai jual.

Pemerintah kabupaten, kata Koordinator Balai Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Solekhan, sangat mendukung program pertanian yang berusaha meningkatkan sarana prasarana pertanian hortikultura.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan