Infrastruktur Internet Perlu Dibangun Pemerintah dan Pengusaha

0
107
(Dok: Antara)
Semen Instan Serbaguna

Jakarta – Direktur Digital Business PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Muhamad Fajrin Rasyid mengatakan, infrastruktur internet terutama di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal perlu dibangun oleh pemerintah bersama dengan pelaku usaha.

“Misalnya ada daerah terpencil yang sangat luas tapi hanya berisi 20 orang penduduk, kami tidak akan bisa membangun infrastruktur internet di sana. Untuk area seperti itu akan menjadi pekerjaan rumah pemerintah,” katanya dalam Indonesia India Business Forum (IIBF) 2023 di Jakarta, Rabu (18/1).

Menurutnya area seperti itu akan dicakup oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi yang dibantu oleh pelaku usaha untuk mengidentifikasi kebutuhan setiap wilayah.

“Kami akan membantu memetakan wilayah yang belum memiliki infrastruktur internet. Lalu kami akan menghitung Return of Investment (ROI)-nya, jika menguntungkan, pemerintah akan membiarkan pelaku usaha berinvestasi, tapi jika tidak, pemerintah yang akan berinvestasi di sana,” ucapnya.

Top Mortar Semen Instan

Ia menyebutkan saat ini Telkom Indonesia melalui Telkomsel sudah menjangkau 99 persen dari total penduduk Indonesia dan 496 desa atau kelurahan atau mencapai sekitar 95 persen dari total 514 desa dan kelurahan di Indonesia.

Selain infrastruktur, edukasi dan literasi penggunaan internet juga perlu terus dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat dapat memanfaatkan jaringan internet secara optimal.

Ia mencontohkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu terus diberikan pelatihan agar bisa menggunakan internet untuk mengakses pendanaan.

“Setelah infrastrukturnya terbangun, itu tidak selesai di sana, karena kita juga perlu meyakinkan agar orang-orang dapat mengakses internet tidak hanya untuk mengakses hiburan tapi juga meningkatkan kapasitas hidup mereka,” ucapnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan