Pemerintah Genjot Industri Ekonomi Digital 

0
650
Pojok Bisnis

Di era industri 4.0, pemerintah fokus mengembangkan bisnis ekonomi digital  salah satunya dengan memfasilitasi kerjasama antara industri digital (swasta) dan pemerintah dalam wadah bernama NextICorn (Next Indonesia Unicorn). NextICorn ini mencari dan mewadahi berbagai startup terbaik di Indonesia yang siap menerima investasi baik asing maupun dalam negeri.

Kerjasama dalam bentuk yayasan ini merupakan lembaga yang didirikan dengan tujuan untuk melembagakan keberlangsungan kerja sama antara pemerintah dengan ekosistem startup.

Yayasan ini diwakili tokoh-tokoh ekonomi digital di Indonesia. Antara lain founder dari Unicorns Indonesia William Tanuwijaya dari Tokopedia, Nadiem Makarim dari GO-JEK, dan Achmad Zaky dari Bukalapak. Pembentukan yayasan ini menunjukkan kepedulian pemerintah untuk menjadi fasilitator, bagi pelaku bisnis startup di Indonesia, yang kini mengambil andil bagi pertumbuhan ekonomi bangsa.

Terbentuknya yayasan ini menurut Menteri Kominfo Rudiantara adalah sebagai bentuk para pelaku ekonomi digital bekerja dengan hati, bukan hanya mementingkan keuntungan pribadi.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Pembentukan yayasan ini juga sebagai bentuk nyata terbentuknya ekosistem jangka panjang yang berkelanjutan sehingga industri ekonomi digital dapat berkembang lebih cepat dan baik,” ujarnya.

“Dibentuk oleh industri, dijalankan oleh industri, dan untuk industri. Maka dari itu saya berharap ke depannya yayasan ini mampu memfasilitasi startup Indonesia agar ikut serta menjadi unicorn hingga decacorn,” lanjutnya.

Kini, Yayasan NextICorn dapat menyediakan fasilitas berupa pendanaan, teknologi, pemasaran, dukungan model usaha, dan akses bertemu dengan Ventur Capital (VC) yang diinginkan

Yayasan ini sudah dibentuk sejak tahun 2017 berdasarkan gagasan bersama. Bermula dari tahun 2015, ketika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak lima perusahaan startup Indonesia yang baru berkembang yaitu, GO-JEK, Tokopedia, Traveloka, MatahariMall, dan Kaskus ke Silicon Valley untuk diperkenalkan kepada para pemimpin dan investor digital ternama.

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.