Kerjasama Grab dan Yummy Corp Permudah UMKM Kuliner Perluas Pemasaran

0
57
Suasana dapur Grab (Dok: kekerenan.com)

Perusahaan aplikasi Grab dan Yummy Corp sepakat menjalin kerjasama untuk memberdayakan para pelaku usaha kuliner. Dengan kerja sama ini pelaku usaha kuliner dimungkinkan memiliki restoran virtual di lebih dari 80 lokasi yang dioperasikan oleh kedua perusahaan.

Menurut Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pelaku usaha kuliner menciptakan konsep makanan baru yang dapat ditawarkan di platform GrabFood.

Dengan menyatukan keunggulan layanan pengantaran makanan yang dimiliki oleh GrabFood dan manajemen operasional makanan yang dimiliki oleh Yummy Corp, para pelaku usaha kuliner dapat mengakses dukungan dari kedua perusahaan untuk merintis dan meluncurkan merek delivery-only di platform GrabFood.

Kerja sama ini memperluas cakupan layanan untuk mitra merchant yang ditawarkan oleh kedua perusahaan yang kini mencakup pencarian dan pemilihan lokasi, operasional dapur, desain menu dan produksi makanan, pemasaran dan pengantaran dan masih banyak lagi.

“Kami melihat peningkatan signifikan pada jumlah mitra merchant yang aktif di GrabFood pada bulan Desember 2020 dibandingkan dengan Januari 2020. Membawa bisnis-bisnis kuliner ini ke dalam platform kami merupakan langkah pertama. Kami juga ingin membantu mereka untuk mengembangkan dan mengakses kapabilitas digital agar mereka bisa berkembang di dalam ekosistem ekonomi digital.

Kerja sama kami dengan Yummy Corp tidak hanya membantu kami mendukung ekspansi bisnis kuliner secara lebih komprehensif, tetapi juga membuka lebih banyak peluang bagi para pelaku usaha untuk menguji menu dan konsep baru agar tetap menjadi yang terdepan,” kata Neneng Goenadi, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (8/2/21)

“Kami harap dengan memberdayakan mitra merchant berinovasi di platform GrabFood, kami dapat menciptakan pengalaman kuliner yang menyenangkan dan berbeda bagi para pelanggan setia,” tambahnya.

Sementara itu, Mario Suntanu, CEO of Yummy Corp mengungkapkan bahwa dalam kerjasama ini pihaknya membawa misi mendukung para pelaku usaha kuliner untuk tumbuh di era digital baru dengan menyediakan solusi ekspansi yang terkelola melalui cloud kitchen.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Grab untuk membawa misi kedua perusahaan ke tingkat selanjutnya, di mana kecepatan ekspansi, kualitas makanan dan kepuasaan pelanggan akan selalu menjadi fokus utama kami,” katanya.

Kerja sama Grab dan Yummy Corp dibangun atas komitmen Grab untuk mendukung transformasi digital para pelaku usaha dengan menyediakan perangkat dan layanan yang diperlukan bagi para mitra merchant serta program-program pelatihan lainnya.

Kerja sama ini mencakup tiga hal utama. Pertama yaitu, ekspansi cloud kitchen dan restoran virtual. Grab dan Yummy Corp berencana untuk menyediakan lebih banyak cloud kitchen di Indonesia. Kedua perusahaan saat ini telah mengoperasikan lebih dari 80 cloud kitchen di 7 kota di Indonesia.

Kombinasi antara data yang dimiliki Grab dan kemampuan manajemen operasional makanan yang dimiliki Yummy Corp, kedua perusahaan bersinergi untuk memperluas jaringan cloud kitchen dan membantu pelaku usaha kuliner menjangkau lokasi dan kota baru, serta dengan cepat meningkatkan skala bisnis mereka.

Kedua, menyambut mitra merchant Yummy Corp ke dalam platform GrabFood. Grab akan membawa para mitra merchant Yummy Corp ke dalam platform GrabFood dan menghubungkan mereka ke basis pelanggan Grab yang luas serta jaringan layanan pengantaran yang andal.

Mitra merchant Yummy Corp akan memiliki akses ke fitur-fitur Grab seperti ‘pesan sekaligus’ dimana pelanggan dapat memesan dari beberapa merchant dalam satu kali pemesanan, dan mendapatkan keuntungan dari peluang penjualan yang lebih luas.

Grab berencana untuk memberikan dukungan pemasaran dan teknologi untuk membantu mitra merchant Yummy Corp mendapatkan keuntungan maksimal dari platform Grab. Melalui kolaborasi ini, pelanggan Grab dapat menikmati lebih banyak pilihan restoran dan makanan.

Ketiga, mendorong inovasi di industri kuliner Indonesia. Kedua perusahaan akan mendukung perkembangan industri kuliner melalui kolaborasi denganbrand dan chef. Grab dan Yummy Corp berencana untuk bekerja sama dengan pelaku usaha kuliner untuk menciptakan konsep baru, mengujinya di platform GrabFood, dan mengembangkannya di jaringan cloud kitchenGrab dan Yummy Corp. Pendekatan ini memungkinkan pelaku usaha kuliner untuk mengambil pendekatan berbasis data guna bereksperimen dan menguji konsep baru secara langsung, dengan biaya yang minim.