Lazada dan Chilibeli Penuhi Kebutuhan Pangan dan Sayur Mayur Segar 

0
298

hilibeli, situs belanja bahan pangan berbasis komunitas memutuskan bergabung dengan Lazada untuk tingkatkan upaya menggerakkan roda perekonomian serta menjangkau lebih banyak konsumen dan tingkatkan penjualan. Chilibeli tidak hanya berhasil mengembangkan bisnisnya namun juga membantu para peternak dan petani tradisional Indonesia menyalurkan hasil panen dan ternak mereka, mulai dari aneka jenis sayur mayur dan buah-buahan, telur, daging hingga ikan asin.

Situs belanja yang baru berdiri pada Juli 2019 ini juga memiliki misi untuk memberdayakan para mitra yang merupakan para ibu rumah tangga melalui program Mitra Chilibeli. Mitra Chilibeli diberdayakan untuk menyalurkan produk pesanan kepada para pengguna Chilibeli dengan imbalan komisi, dimana para pengguna yang sudah memasukkan pesanan melalui aplikasi Chilibeli dapat mengambil produk pesanan mereka di lokasi komunitas Mitra Chilibeli terdekat ketika produk tersebut sudah diterima oleh Mitra Chilibeli. Dengan demikian, Chilibeli tidak hanya menguntungkan banyak konsumen Indonesia dengan memberikan kemudahan berbelanja produk pangan segar yang berkualitas dengan harga terjangkau, namun juga memungkinkan terciptanya ribuan lapangan kerja baru tidak langsung bagi para Mitra Chilibeli di Indonesia.

Fintia, Commercial Manager B2C, Chilibeli mengatakan, “Chilibeli bergabung dengan Lazada untuk memberikan akses lebih mudah bagi pelanggan kami. Sejak bergabung dengan Lazada, Chilibeli telah melayani ratusan konsumen baru dengan peningkatan hingga lebih dari 1,500      order dalam 3 bulan terakhir. Produk panen dan ternak dari puluhan mitra peternak dan petani kami yang tersebar di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur dapat tersalurkan dengan baik. Selain itu, terima kasih kepada Lazada yang juga selalu aktif memberikan dukungan agar Chilibeli dapat berpartisipasi dalam beragam promo dan campaign yang menarik bagi banyak konsumen.”

Semenjak bergabung di Lazada, Chilibeli mengalami peningkatan penjualan seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat yang juga didukung dengan berbagai kemudahan dalam bertransaksi. Kinerja baik Chilibeli di Lazada ini tentunya tidak lepas dari dukungan tim Lazada, dimana selain dukungan edukasi dan arahan mengenai strategi penjualan, Chilibeli juga aktif mengikuti program yang tersedia di platform, seperti Flash Sale yang terbukti dapat meningkatkan traffic ke toko mereka. Tim Lazada juga proaktif dan senantiasa mendampingi Chilibeli dalam memberikan info promo ataupun kesempatan dimana Chilibeli bisa masuk ke pasar dan berhubungan langsung dengan konsumen, contohnya mengajak Chilibeli untuk berpartisipasi dalam berbagai kampanye belanja besar seperti Lazada Mid Year Super Sale yang baru saja diadakan pada bulan Juli 2020 kemarin.

Bobby Gandasaputra, EVP of FMCG Category, Lazada Indonesia, mengatakan, “Adanya Chilibeli sebagai salah satu penjual sayur mayur dan bahan pangan di kanal LazMall di Lazada sejak bulan Juni yang lalu, merupakan bukti komitmen kami untuk selalu menghadirkan berbagai produk berkualitas dengan harga dan promo yang menarik bagi konsumen, bahkan untuk produk sayur mayur dan bahan pangan lainnya. Melalui kerjasama ini tidak hanya kami dapat membantu Chilibeli untuk terus mengembangkan bisnisnya, menjangkau lebih banyak konsumen, namun juga secara tidak langsung kami dapat terus memberdayakan banyak mitra petani dan peternak Chilibeli serta menciptakan sumber penghasilan baru bagi mitra Chilibeli di seluruh Indonesia,”

Selain adanya Mitra Chilibeli, untuk mejangkau lebih banyak konsumen, Chilibeli juga memiliki delivery fleet sendiri yang selalu dilengkapi dengan hand sanitizer dan masker sesuai dengan protokol kesehatan. Delivery fleet Chilibeli juga menyediakan ice gel untuk menjamin kesegaran produk pangan yang diterima setiap konsumen.

“Kerjasama yang terjalin dengan ChiliBeli sejalan dengan misi Lazada untuk mendorong bangkitnya bisnis Indonesia melalui pemberdayaan UKM dan sumberdaya manusia. Kami senang dapat memberikan platform bagi pengusaha kecil dan menengah di Indonesia, terutama yang berbasis komunitas seperti Chilibeli, untuk dapat terus melayani lebih banyak pelanggan, sehingga konsumen kami pun dapat dengan mudah memperoleh kebutuhan pangannya secara aman dan nyaman,” tutup Bobby.