Bisnis Hotel tidak Ada Matinya

0
851
Heni Juniarti, Director of Marketing Communications Horison Hotels Group
Pojok Bisnis

Siang itu, cuaca Kota Jakarta cerah, kami janji bertemu dengan Heni Juniarti, Director of Marketing Communications Horison Hotels Group di Brew and Co Cilandak Town Square, Jakarta Selatan.

Heni tampil chic dengan blus lengan panjang dan skinny jeans dipadu dengan sepatu high heels warna pastel, mengatakan Horison Hotel Group memiliki 50 cabang di seluruh Indonesia, dengan 6000 kamar dan 5000 karyawan.

“Jadi bagi saya ini tantangan dan pengabdian ke local brand.  Sedikit banyak pengalaman saya bisa memberi kontribusi untuk kemajuan Horison,” terangnya.

Ditengah kompetitifnya bisnis hotel, Horison bisa tetap bersaing. Horison Hotel Group memiliki 3 brand, yakni Horison Ultima untuk bintang 4, lalu Horison untuk bintang 3 dan Horison Express untuk bintang dua, @hom, Horison inn dan Erbe.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Kamar paling murah untuk bintang 4, Rp 1 jutaan, kalau bintang 2, Rp 350an,” terang Heni.

Horisan bisa bertahan selama 16 tahun ini, karena keunggulannya memiliki puluhan cabang di seluruh Indonesia dengan tingkat okupansi 80%. Cabang terbanyak Horison berada di Papua sebanyak 6 hotel.

“2 cabang lagi akan dibuka tahun depan di Papua,“ ucapnya.

Horison tak hanya membuka cabang di tingkat propinsi, bahkan hingga tingkat kabupaten.

“Kami punya Horison di Cilacap juga Kudus, “ucapnya. “Kita memang market local lebih besar,” sambungnya.

Salah satu keunggulan Hotel Horison Group adalah mengangkat kearifan lokal. Misalnya di Yogyakarta maka panganan yang diutamakan khas daerah itu. Misalnya Getuk.  Selain itu, mereka mencoba mengkombinasikan ragam menu western dengan bumbu khas Indonesia.

“Kami memang menjunjung tinggi kearifan lokal, misalnya kita padu Spaghetti dengan kecombrang, atau Cakwe rumput laut jepang,” terangnya.

Selain selalu mengutamakan kearifan lokal, di semua hotel selalu menggunakan gong juga welcome drink yakni jus sawi hijau.

Keunggulan lain yang coba ditawarkan Horison Hotels Group yakni menghadirkan program Horison Destination.

“Jadi tiap hotel kami di seluruh Indonesia itu, ada paket destinasi. Misalnya 2 hari 3 malam. Kayak di Gorontalo, selain nginap di hotel kami, juga ada wisata ke Pulau Cinta,“ ucapnya.

Salah satu rencana Horison Hotels Group pada tahun 2020 akan membuka 6 cabang hotel baru di beberapa kota di Indonesia.

Mengakhiri pembicaraan, Heni menyakini bahwa bisnis hotel akan tetap moncer ke depannya. Apalagi saat ini parawisata Indonesia sedang berkembang pesat.

“Selama tempat parawisata masih ada, bisnis hotel tidak akan mati,” ucapnya.

Di dalam bisnis, selalu ada kompetitor. Namun, menurut Heni, dengan adanya kompetitor, maka kita mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang dimiliki.

“Harus ada kompetitor, agar kita lakukan inovasi terus,” pungkasnya.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.