Sari Melayu Resto Juaranya Sajian Melayu Medan

0
150
menu udang khas melayu (dok cumilebay.com)

 

Restoran makanan khas Melayu Medan memang terbilang masih jarang di Jakarta. Sari Melayu Resto bisa menjadi pelepas dahaga kuliner Melayu Medan. Restoran ini berlokasi di Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 21, Kebayoran Baru – Jakarta Selatan dan mulai buka pukul 11 siang sampai pukul 10 malam.

Setibanya di restoran ini sebuah papan nama Sari Melayu Resto tampak elok dengan logo sekuntum bunga sepatu berwarna merah. Saat memasuki restoran ini tampak seperti berada dalam galeri seni karena banyak dihiasi dengan piring-piring keramik antik di dalam lemari kaca. Suasana pun semakin menenangkan dengan dinding kaca yang mengucurkan air yang terlihat seolah sedang hujan.

Lezatnya Ikan Asap

Restoran yang sudah berdiri tujuh tahun ini tetap setia menyediakan hidangan Melayu Medan yang memiliki ciri khas masakan bersantan dan rasa yang gurih. Sajian pertama yang wajib disantap adalah Gulai Ikan Sale. Jangan menganggap hidangan ini adalah pisang sale yang dimasak gulai. Sale dalam kuliner Melayu adalah ikan Limbat yang diasap. Ikan Limbat ini berbentuk seperti ikan Lele namun lebih panjang dan hidup liar di sungai. “Sale ini didatangkan langsung dari Medan untuk menjaga citarasa aslinya,” ujar Nina Oktantina, Manajer Sari Melayu Resto.

Aroma khas ikan asap langsung menusuk hidung dan saat menyeruput kuah berwarna merah begitu gurih terasa dan tidak terlalu pedas. Apalagi saat daging Sale menyentuh lidah, rasa gurih dan rasa asap sangat terasa. Amboi nikmatnya… Ikan Sale ini berpadu apik dengan kuah gulai berwarna merah yang dibuat dari santan yang dimasak bersama yang ditumis seperti cabai merah, kunyit, ketumbar, kunyit, lada, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayumanis dan jintan.

Ikan  Sale ternyata sedap juga jika dimasak balado. Rasa pedas yang berkolaborasi dengan rasa gurih dan aroma asap ikan Sale terasa lezat dan semakin sempurna saat disantap bersama nasi hangat yang mengepul. Ehmm… Seporsi Gulai Ikan Sale dan Ikan Sale Balado dapat dinikmati dengan harga masing-masing Rp 12.500 dan seporsi nasi putih seharga Rp 5 ribu.

Sajian Berkuah Gurih ala Medan

Ingin menikmati hidangan berkuah yang mengenyangkan? Santap saja Lontong Sayur Medan yang disajikan dengan Tauco. lontong sayur yang disajikan tidak berbeda pada umumnya namun Lontong Sayur Medan disajikan dengan rendang dan tauco yaitu lauk berisi udang, tahu, potongan cabai merah, cabai hijau dan tentu saja dibumbui tauco.

Lontong Sayur Medan ini dapat dinikmati di Sari Melayu Resto meskipun terlihat berbeda yaitu disajikan tanpa rendang, tetapi rasanya tidak kalah lezat. Seporsi Lontong Sayur Medan ala Sari Melayu Resto terdiri atas lontong, kacang panjang, tekokak, telur balado, kering kentang, teri kacang balado, bawang goreng, kuah santan dan disajikan bersama tauco. Jangan tunda menyantap gurihnya Lontong Sayur Medan karena dengan harga Rp 17.500 Anda sudah bisa menikmatinya tanpa harus datang ke Medan.

Hidangan Kari yang Menggoda

Bukan restoran melayu jika tidak menyediakan hidangan kari. Sari Melayu Resto juga menyajikan hidangan kari berupa Roti Jala dan Kari Iga Sapi. Roti Jala bukanlah roti yang berukuran besar dan berpori melainkan adonan dadar yang dibentuk jaring seperti jala. Suatu sensasi menikmati makanan yang berbeda karena disantap dengan cara dicocol ke dalam kuah kari dan dimakan bersama dagingnya. Dan, benar saja rasanya begitu gurih, apalagi kuah kari yang menyelinap di antara sela-sela Roti Jala terasa begitu gurih dan beraroma rempah.

Tekstur daging pun terasa empuk dan bumbu kari meresap sempurna. Tidak hanya Kari Iga Sapi yang bisa dinikmati, Kari Iga Kambing dan Kari Ayam disajikan dengan kelezatan khas yang berbeda. Harga untuk seporsi Roti Jala Rp 5 ribu, Roti Jala dan Kari Ayam Rp 22.500, Roti Jala dan Kari Iga Kambing atau sapi Rp 25 ribu.

Gurih Gulai dan Sensasi Menu Bunga Pepaya

Satu lagi hidangan gulai yang lezat, yaitu Gulai Kepala Kakap dan disajikan dalam 3 ukuran. Untuk harga Gulai Kepala Kakap Besar Rp 42 ribu, Gulai Kepala Kakap Sedang Rp 39 ribu dan Gulai Kepala Kakap Kecil Rp 30 ribu. Memang sudah tidak diragukan kalau hidangan ini memiliki banyak penggemar karena cita rasa gurih yang kental dihasilkan dari kepala kakap yang berkombinasi dengan bumbu gulai dan santan. Mantap…

Bosan dengan hidangan daging? coba saja Tumis Bunga Pepaya yang terasa gurih dengan paduan sedikit rasa pahit memberikan pengalaman kuliner tersendiri. Dengan harga Rp 9 ribu untuk seporsi Tumis Bunga Pepaya anda sudah dapat menikmati sensasi rasa yang unik.

Menu Lainya

Seusai menikmati aneka hidangan berat, segelas Juice Martabe bisa menjadi minuman penutup yang sempurna. Nama Martabe adalah kependekan dari Markisa dan Terong Belanda yang merupakan minuman khas Medan yang memiliki citarasa asam, manis dan segar. Kesegaran segelas Juice Martabe dapat diteguk dengan harga Rp 15.500. Minuman lain yang segar di antaranya Juice Mix, Es Timun Serut dan Juice Belimbing.

Selain menu yang sudah disebutkan, Sari Melayu Resto menyajikan menu lain yang sayang dilewatkan seperti Gulai Otak, Gulai Tunjang, Sayur Ubi Tumbuk, Ikan Kertas Karamel, Tumis Daun Pakis dan Ikan Patin Asam Pedas. Harga untuk aneka menu di restoran ini berkisar dari Rp 3.500 sampai Rp 30 ribu. Selain itu Sari Melayu Resto juga menyediakan paket menu coffee break, menu paket catering, menu box hingga menu prasmanan. Tertarik?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.