Mengenal Jenis Kopi Berdasarkan Cara Meraciknya

Kopi seolah sudah bermetamorfosis menjadi gaya hidup dan medium mengakrabkan suasana.

0
108
Sajian secangkir kopi (Dok: Popmama.com)

Secangkir kopi saat ini bukan lagi sekedar minuman bagi orang yang ingin menghilangkan suntuk dan penat di kepala. Kopi seolah sudah bermetamorfosis menjadi gaya hidup dan medium mengakrabkan suasana. Tak heran jika sekarang tumbuh banyak kedai kopi dengan beragam gaya. Umumnya kedai-kedai kopi itu mencitrakan sebagai tempat bertemu, berkumpul dan bercengkrama yang nyaman bagi siapa saja.

Setiap kedai kopi menawarkan beragam menu olahan kopi andalannya. Jumlah dan nama menunya bisa macam-macam. Tapi dari sekian banyak menu kopi yang ditawarkan, umumnya hanya berkisar dari beberapa jenis racikan kopi berikut ini.

  1. Espresso
Espresso

Espresso berasal dari bahasa Italia express alias cepat. Espresso merupakan ekstrak dari biji kopi yang diproses dengan mesin bertekanan tinggi yang dibuat agar bisa disajikan sesegara mungkin kepada pelanggannya. Espresso merupakan saripati dari biji kopi karena merupakan ekstrak biji kopi murni tanpa campuran. Rasanya yang sangat pahit, membuat espresso biasanya disajikan dalam cangkir kecil yang biasa disebut espresso shot.

  1. Americano
Americano

Americano adalah kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu shot espresso dengan air panas. Hal ini membuat rasa kopinya tidak sepahit kopi espresso biasa. Namun, untuk Anda yang masih newbie di dunia perkopian, americano ini masih tergolong cukup pahit.

  1. Latte
Latte

Latte adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu. Latte biasanya mengandung lebih banyak susu, sehingga kopinya terasa lebih smooth. Biasanya, jenis kopi inilah yang sering disajikan cantik dengan latte art yang unik dan lucu.

  1. Macchiato
Macchiato

Mirip dengan latte, yang juga mencampurkan espresso dan susu, macchiato memiliki kadar kopi dan susu yang sedikit berbeda. Jika perbandingan kopi dan susu pada latte adalah 1:3, macchiato memiliki perbandingan 4:1. Terdapat dua jenis macchiato, yakni espresso macchiato dan latte machiatto. Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sebaliknya, latte macchiato dibuat dengan menambahkan espresso ke dalam segelas susu.

  1. Piccolo
Picollo

Piccolo adalah latte yang disajikan menggunakan gelas kecil. Bedanya dengan latte, picollo menggunakan ristretto, yang merupakan bagian terbaik dari proses ekstraksi espresso karena teksturnya lembut dan kadar asamnya sedikit akibat lamanya proses ekstraksi. Jika Anda ingin mencoba kopi yang tidak terlalu manis namun juga tidak terlalu pahit, piccolo bisa menjadi pilihan tepat.

  1. Cold brew
Cold Brew

Seperti namanya, cold brew merupakan metode penyeduhan kopi dengan perendaman selama minimal 8 jam dengan menggunakan air bersuhu ruang ataupun air dingin.

  1. Affogato
Affogato

Berasal dari bahasa Italia, affogato memiliki arti tenggelam. Yup, seperti artinya, affogato merupakan minuman kopi dengan satu sendok es krim vanila yang ‘ditenggelamkan’ dengan segelas kecil espresso panas.