#MulaiBarengBeko Dukung Peningkatan Kualitas dan Visibilitas UMKM

0
44

Mengawali 2021, Europe’s number 1 freestanding home appliances, Beko, memberikan dukungan kepada pengusaha rintisan kuliner rumahan untuk dapat meningkatkan kualitas dan visibilitas di dunia digital, melalui inisiatif #MulaiBarengBeko. Menggandeng 3 influencer kuliner kenamaan: Chef William Gozali (@willgoz), Culinary Storyteller Ade Putri (@misshotrodqueen) dan Top 10 Masterchef Indonesia Amy Zein (@amyzein) – Beko mengajak para pengusaha rintisan ini untuk dapat memperluas jangkauan, serta meningkatkan daya saing, agar dapat terus tumbuh dan berkembang.

Pembatasan sosial yang diberlakukan sejak awal 2020 berimplikasi pada peningkatan penjualan makanan secara daring. Survey dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sebanyak 51% masyarakat melakukan belanja daring untuk kebutuhan makanan karena dirasa lebih praktis dan tidak perlu keluar rumah. Kondisi ini berdampak pada industri kuliner rumahan yang tentu kian diminati, karena harga yang lebih terjangkau dan meingkatnya kebutuhan akan makanan yang lebih terjaga kesehatan dan keamanannya. Terbukti, selama tahun 2020, tercatat sebanyak 10,3% bisnis makanan dan minuman bertumbuh.

“Kemudahan digitalisasi dan kehadiran platform sosial media memberikan peluang bagi lebih banyak orang untuk merintis usaha, dimulai dari rumah. Dalam memulai usaha, selain keahlian dan rencana bisnis yang matang, dukungan dari perangkat yang tepat tentu menjadi kian penting. Sebagai penyedia perangkat rumah tangga yang andal, Beko ingin mendampingi dan mendukung para pelaku usaha kuliner rintisan untuk dapat memulai dan mengembangkan bisnis mereka melalui inisiatif digital  #MulaiBarengBeko. Berkolaborasi bersama influencer kuliner ternama tanah air, Beko mengajak pelaku UMKM kuliner untuk meningkatkan kualitas dan visibilitas usaha mereka,” ungkap Ali Cagri Gonculer, Country General Manager Beko Indonesia.

Di tengah persaingan usaha kuliner yang kian ramai, keunikan dan kreativitas menjadi faktor yang mempengaruhi bagaimana usaha yang dirintis dapat menonjol dan menarik perhatian konsumen. Chef William Gozali menyampaikan, “Untuk membuat produk kita menarik dan unggul, khususnya di tengah platform media sosial yang tentu ramai akan berbagai jenis usaha, tiga faktor penting yang membuat usaha kuliner dapat bertahan dan terus tumbuh adalah terkait: rasa, keunikan produk dan penyajian, serta cerita menarik di balik produk yang dijual. Melalui #MulaiBarengBeko, para pelaku usaha kuliner dapat mulai meninjau kembali ide bisnis, serta memperluas jangkauan pemasaran mereka, khususnya melalui sosial media.” Bersama Ade Putri dan Amy Zein, Willgoz akan membantu menilai kualitas dan meningkatkan visibilitas produk dari pelaku usaha kuliner rintisan terpilih.

Selama periode 25 Januari – 13 Februari 2021, Beko mengajak para pelaku usaha kuliner rintisan untuk berbagi cerita terkait usaha yang dirintis, keunikan produk, serta apa saja kendala yang dihadapi selama menjalani usaha tersebut dan bagaimana produk Beko dapat membantu usaha mereka. Setiap minggunya, para influencer akan menilai dan memilih hingga 5 pemenang mingguan yang akan mendapat produk dari Beko, serta akan mendapat kesempatan untuk usahanya dipromosikan kembali oleh para influencer. Di akhir periode akan ada 3 pemenang utama yang akan mendapatkan hadiah utama berupa produk unggulan dari Beko.

“Kami berharap inisiatif #MulaiBarengBeko dapat menjadi wadah sekaligus pemicu bagi para pelaku usaha kuliner rintisan agar dapat terus bersemangat dalam mengembangkan usaha mereka. Selaras dengan visi perusahaan, kami juga mengajak para pelaku usaha untuk menghadirkan produk kuliner yang bukan hanya nikmat dan unik, tapi juga lebih sehat. Didukung perangkat andal berkelas profesional seperti Beko, kami percaya ke depan akan semakin banyak usaha kuliner rumahan berkualitas yang  mampu bersaing dan memberikan pilihan beragam bagi masyarakat luas,” tambah Ali.