Harkulnas GoFood Sukses Dongkrak Omzet 74.000 Ribu Mitra

0
550
Pojok Bisnis

GoFood, layanan pesan-antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara terus memaksimalkan pendapatan UMKM kuliner di tengah pandemi. GoFood berhasil meningkatkan omzet 74.000 ribu mitra usaha melalui promo beragam kuliner favorit melalui program Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) GoFood yang berlangsung 1 April – 5 Mei lalu.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group memaparkan bahwa tidak dapat dipungkiri, ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner lokal terus berlangsung terutama sejak PSBB ditetapkan.

“Namun jika dilihat dari jumlah transaksi di GoFood, kami justru melihat adanya peningkatan dalam satu bulan terakhir. Karena, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah. Hal ini menyebabkan banyak mitra merchant UMKM kami yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline ke online sepenuhnya. Berbagai upaya untuk menciptakan demand pun kami lakukan, termasuk Harkulnas GoFood, untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar menjaga kelangsungan pendapatan mitra merchant termasuk UMKM.”

Selama Harkulnas, GoFood turut meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM lewat shuffle cards di aplikasi agar menjangkau lebih banyak pelanggan; memberikan promo ongkir pada pelanggan; mengurangi biaya operasional melalui voucher diskon belanja bahan baku; serta meningkatkan efisiensi bisnis UMKM lewat fitur “Recommended Campaign” di aplikasi GoBiz.

Top Mortar gak takut hujan reels

Kondisi perekonomian kini melambat, Badan Pusat Statistik (BPS) mengeluarkan ekonomi Indonesia kuartal I hanya tumbuh sebesar 2,97%, atau cukup tergerus secara signifikan dari perkiraan pertumbuhan pada awalnya (Sumber: Kementerian Keuangan RI). Di tengah situasi ini program Harkulnas GoFood 2020 membantu mencatat keberhasilan puluhan ribu mitra UMKM dalam memaksimalkan pendapatannya. Jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi  rata-rata 12% lebih tinggi dibandingkan merchant di luar program.

Berikut beberapa temuan menarik selama Harkulnas yang dapat menjadi referensi UMKM kuliner dalam menyusun strategi bisnis di tengah kondisi pandemi:

Batam, Jabodetabek, dan Surabaya mencatat pertumbuhan transaksi tertinggi selama program

Aneka Kopi menjadi minuman yang paling sering dipesan menemani masyarakat yang semakin banyak bekerja dari rumah

Ayam Geprek dan Aneka Nasi Goreng adalah tipe makanan  yang paling banyak dipesan karena selain sudah populer di GoFood, pengguna kini turut memesan menu tersebut untuk anggota keluarga yang lebih lama menghabiskan waktu di rumah

Waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00 – 20.00 WIB (sebelum Ramadan) dan pukul 16.00 – 19.00 WIB (saat Ramadan)

“Selain hasil yang positif dari Harkulnas, harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih terlihat semakin besar yang terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10% di awal bulan Mei ini, dibandingkan minggu sebelumnya di bulan April. Bahkan, beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi, yaitu 30% dibandingkan sebelum masa pandemi, hal ini dikarenakan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah,” lanjut Catherine.

GoFood terus mendukung UMKM kuliner melewati masa sulit pandemi termasuk melalui gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang membantu UMKM menjalankan bisnis secara online. Guna membantu UMKM menjaga kepercayaan pelanggan, GoFood terus mengimbau mitra untuk memperketat protokol keamanan dan kebersihan makanan, termasuk penerapan contactless delivery.

“GoFood dan mitra UMKM menghadapi pandemi ini bersama. Program-program yang selama ini telah kami fasilitasi seperti Harkulnas telah membuka jalan bagi para mitra usaha kuliner untuk semakin dikenal masyarakat luas dan menjadi pilihan kuliner favorit baru bagi pelanggan, agar secara konsisten dapat terus menjadi andalan, bahkan setelah masa promo berakhir. Kami optimis bahwa bersama-sama, pasti ada jalan untuk terus bertahan melalui masa sulit ini,” tutup Catherine.

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.