Segarnya Bisnis Minuman Diet Raw Almond Milk Beromset Rp 500 Juta

0
152
Yourganik (dok yourganicindonesia.com)

Wanita mana yang tidak ingin memiliki tubuh yang ideal, sudah pasti semua menginginkannya. Selain enak dipandang tubuh yang ideal juga menjadi cerminan pola hidup sehat pemiliknya.

Namun untuk mendapatkannya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, padatnya jadwal ditambah kesibukan dalam mengurus rumah tangga ditengarai menjadi penyebab kegagalan wanita perkotaan dalam menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh yang diinginkan.

Melihat fenomena tersebut tak sedikit dari mereka yang memilih cara-cara instan dalam mendapatkan tubuh yang diinginkan, walaupun untuk menjalankan cara ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga rawan akan efek samping, seperti yang dilakukan Yenna Samantha.

Wanita yang akrab disapa Yenna ini telah mencoba berbagai macam produk diet yang ada dipasaran namun tidak ada satupun yang membuahkan hasil. Tidak terhitung berapa biaya yang telah Yenna keluarkan untuk membeli produk diet tersebut demi mendapatkan bentuk tubuh ideal.

“Saya terpaksa menggunakan berbagai produk diet lantaran mala untuk berolahraga karena stamina saya yang sangat rendah dan cepat capek,” ujarnya.

Sadar bahwa obat di pasaran tak membuahkan hasil, Yenna pun mencobanya metode lain dengan menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan rajin konsumsi aneka juice dan Raw Almond Milk hasil racikannya sendiri.

“Karena dari kecil saya tidak suka susu sapi, suatu hari saya pun iseng meracik susu yang tidak dipasturisasi dengan bahan dasar kacang almond yang terkenal dengan manfaatnya,” ungkapnya.

Tak disangka cara yang lebih murah ini ternyata membuahkan hasil yang sangat signifikan. Bahkan tidak hanya berhasil menurunkan berat badannya, melalui racikannya ini Yenna mendapatkan peluang usaha untuk menjual minuman diet Raw Almond Milk tersebut ke teman-temannya.

“Banyak teman dan rekanan yang bertanya mengapa saya begitu terlihat berbeda dalam bentuk badan maupun kondisi kulit, setelah saya jelaskan mereka tertarik untuk mencoba dengan membelinya dari saya,” ungkapnya.

Produk

Dibantu oleh kedua orang temannya Jenny Kosasi dan Hanny Kurniawan, Yenna pun mulai merintis usaha Raw Almond Milk yang diberinama Yourganic. Sebagai langkah awal, Yenna dan rekan-rekannya tersebut melakukan pengembangan produk dengan menghadirkan aneka pilihan rasa mulai dari Sweetdates, Matcha, Iced Coffee, dan Charcoal Honey.

Tak cuma itu untuk menjawab setiap keinginan konsumennya yang menginginkan adanya produk makanan dan minuman sehat lainnya seperti Almond Butter, Coconut Water, Overnight Oatmeal, Honey Lemon Shot (elixir), Granola, dan Black Lemonade.

”Diantara sekian banyak produk yang dibuatnya, Raw Almond Milk menjadi primadona para konsumennya,” ungkapnya.

Bicara soal pengemasan, wanita kelahiran 30 maret 1977 menggunakan botol plastik food grade ukuran 250 – 500 ml. Alasannya selain praktis, botol food grade juga bersifat disposable atau kemasan sekali dipakai bisa langsung dibuang dan ramah lingkungan. Soal harga tidak perlu khawatir, pasalnya aneka produk Yourganic ditawarkan dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 25-120 ribu/pcs.

Dalam sehari lulusan Central Queensland University, Sydney, Australia ini mengaku mampu memproduksi sebanyak 30 botol dengan dibantu tim produksi yang mulai bekerja membuat susu almond yang sudah dipesan dari malam hari hingga pukul 2 pagi. Baru pada pukul 7 pagi pengiriman susu dimulai.

Siklus produksi dan pengiriman ini sengaja diterapkan dengan konsisten seperti ini agar susu almond Yourganic bisa tetap segar saat diterima dan dikonsumsi oleh konsumen. Sedangkan untuk bahan baku sendiri Yenna mengaku dirinya harus mengambil dari luar negeri. Hal ini dikarenakan, kacang almond tidak tumbuh di Indonesia.

“Dalam pengeluaran bulanan terbesarnya ada pada pembelian bahan baku, contohnya untuk kacang almond dalam setiap bulannya kami membutuhkan sekitar 200 kg,” ungkapnya.

Dari segi pendapatan dari seluruh produk yang dijual Yourganik, Yenna mengaku bisa meraup omzet Rp 200–500 juta setiap bulan dari usaha menjual 400 botol/bulan dengan laba bersih sekitar 30%. Menurut Yenna besarnya omset yang didapat lantaran Yenna berhasil mempertahankan kesegaran Raw Almond Milk.

Yenna menambahkan susu almond sangat sensitif sehingga rentan terhadap perubahan suhu. Maka untuk mempertahankan kesegarannya, sebelum dikirim pagi hari, Yenna selalu meletakkan susu almond yang telah diproduksinya kedalam mesin pendingin agar tetap segar dan berkualitas.

Made by Order

Selain meletakkan susu di mesin pendingin, Yenna juga memiliki startegi  lain guna membuat Yourganic  tetap segar. Stategi tersebut ada pada proses produksinya dimana produksi Yourganic hanya didasarkan pada pesanan saja (made by order) dan tidak membuat stok. Hanny Kurniawan, selaku Marketing Executive Yourganic Raw Almond Milk, menjelaskan bahwa tiap hari dia membuka order minuman susu almond ini dari pagi hingga pukul 17.00.

Tak cukup sampai disitu, hal lain yang diakui Yenna membuat usahanya begitu cukup dikenal yaitu dengan cara rajin mempromosikan usahanya, mulai dari posting di sosial media hingga melakukan kerja sama dengan beberapa mal di kota-kota besar baik di Jakarata, Bandung hingga Surabaya.

“Saat ini kami memasarkan produk lewat media sosial seperti Instagram, facebook, twitter. Sampai saat ini kami mengerjakan sendiri semua urusan foto, editing, bikin video, atau yg lagi tren sekarang bikin iklan sponsor di instagram,” ungkapnya.

Namun meski telah sukses dalam menjalankan usahnya Yenna mengaku masih ada beberapa kendala yang dihadapinya terutama pada proses pengiriman. Sampai saat ini, ia masih saja menggunakan pihak ketiga untuk mengirim produk ke semua Yourganic Grab & Go Spots.

“Untuk pengantaran ke konsumen kami masih memakai jasa outsource courier, hanya ke supermarket-supermarket saja yang pakai mobil sendiri mengingat pemesanan yang banyak tidak bisa dibawa dengan motor,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.