Perjuangan Maharani Kemala Membangun Bisnis Kosmetik MS Glow

0
11
(Dok: instagram.com/ maharanikemala)

Selebgram Maharani Kemala dikenal sebagai crazy rich Bali. Perempuan bernama asli Kadek Maharani Kemala Dewi lahir di Bali 32 tahun yang lalu.

Namanya dikenal melalui bisnisnya di industri kosmetik dan bahan kimia. Maharani Kemala mengelola klinik kecantikan MS Glow Aesthetic Clinic yang di ada kota Denpasar, Surabaya, Bandung, Sidoarjo, Malang dan Jakarta. Dia juga mengelola pabrik pembuatan bahan kosmetika Urban Indo Manufaktur yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Bercerita dalam kanal YouTube Boy William, Maharani mengisahkan awal berkenalan dengan Shandy Purnamasari hingga akhirnya mendirikan MS Glow.

Maharani Kemala berkenalan dengan Shandy Purnamasari lewat Blackberry Messenger.

Maharani membeli krim Shandy Purnamasari untuk diperjualbelikan kembali di daerah Bali alias reseller.

Berjalannya waktu mereka bersepakat membuat brand kosmetik sendiri yaiyu MS Glow.

Maharani mengakui bisnisnya bisa berkembang karena peran reseller yang tersebar luas di Indonesia.

Maharani Kemala sempat merasakan getirnya mengawali bisnisnya di dunia kecantikan.

Maharani mengungkapkan, saat awal menjalani bisnis kosmetika, dia dan rekannya merasa sangat kesulitan untuk memproduksi barangnya di pabrik besar atau pabrik lain. Terlebih dia mengawali perjalanan bisnisnya dari nol, dan modalnya juga tidak banyak.

Sebagai pemain baru dalam bisnis kecantikan, terlebih dengan modal yang terbatas, Maharani mengatakan jika untuk proses produksi terpaksa harus menumpang di pabrik-pabrik besar. “Kendala di kita, quantity-nya berapa, berapa yang mau diproduksi. Mereka, pabrik-pabrik besar itu selalu nanyain seperti itu, berapa sih yang mau dibuat di pabrik kita,” akunya.

Bahkan, kerapkali Maharani mendapatkan penolakan di mana-mana untuk membuat produk kosmetiknya. Merasa lelah dengan pengalaman-pengalaman pahit tersebut, Maharani pun mulai berpikir untuk memiliki pabrik sendiri.

Dengan tekad yang sangat bulat, Maharani pun akhirnya berhasil mendirikan pabrik kosmetik sendiri, yang berada di bawah pengelolaan PT Urban Indo Manufaktur. “Pabrik kita sendiri baru buka sekitar setahun. Kita punya 37 klien, dan yang prioritas adalah brand kita sendiri. PT Urban Indo ini punya anak perusahaan nama MS Glow,” terang Maharani yang duduk sebagai CEO di PT Urban Indo Manufaktur.

Melalui pabrik yang dimiliki sendiri, Maharani dan perusahaannya pun bisa membantu orang-orang yang memiliki brand kecantikan sendiri dengan low budget. “Konsep utamanya pabrik sendiri adalah kita dulu buat pabrik ini karena kita dulu susah banget buat produksi di pabrik lain. Kita itu membuat pabrik dari pengalaman-pengalaman kita sebelumnya,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Maharani juga mengatakan bahwa di era saat ini impor susah sekali, sehingga banyak yang menciptakan brand lokal, dan pada akhirnya menjamur ke orang-orang yang lain untuk membuat produk body care dan skincare sendiri.

Maharani pun sangat mendukung berkembangnya industri kosmetik lokal brand sendiri. “Kita sangat mendukung sekali, karena rata-rata hampir semuanya bahan bakunya atau bahan mentahnya dari Indonesia sendiri. Dan tahun depan kita punya rencana memiliki lab dan riset sendiri,” tukasnya.