Nakes Harus Diberi ‘Booster’ Ketiga Vaksin

0
342
DPR RI
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena.
Pojok Bisnis

Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena mendesak pemerintah memberi booster ketiga vaksin bagi para tenaga kesehatan (nakes). Pasalnya, selain kelelahan melayani banyak pasien Covid-19, vaksin ketiga penting untuk menghindari para nakes terpapar varian baru virus corona. Banyak nakes kelelahan, bahkan meninggal dunia, karena berjuang di garda depan melayani para pasien Covid-19.

Untuk itu, pemerintah juga harus memberi alat pelindung diri (APD) yang lengkap bagi para nakea. “Melihat perkembangan dan dampak penularan virus saat ini, sudah saatnya para nakes diberikan booster ketiga vaksin sehingga melindungi mereka dari dampak varian baru yg lebih ganas dan mengkhawatirkan,” kata Melki, sapaan akrabnya dalam keterangan pers, Kamis (1/7/2021).

Politisi Partai Golkar itu juga berharap, agar para nakes yang positif Covid-19 disediakan ruang isolasi khusus sekaligus diberikan insentif secara berkala. Harapannya, dengan insentif itu, moril para nakes dan keluarganya tetap tinggi dalam berjuang memberantas virus Corona di Tanah Air. “Pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu memastikan proses pendataan validasi dan pencairan insensif nakes sederhana, mudah, cepat, dan waktu pencairannya pasti,” tandas Melki.

Legislator dapil NTT II itu menambahkan, para nakes cadangan yang direkrut juga harus dikoordinir dengan baik oleh Kementerian Kesehatan melalui Pusat Pengambangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) dan Dinkes Provinsi, serta Dinkes kota kabupaten, sehingga beban kerja bisa dibagi secara proporsional. Di sisi lain, pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan (Faskes) pertama dan lanjutan tetap berjalan baik untuk penanganan Covid 19 maupun penyakit lainnya yang tetap harus diperhatikan dan diberi perhatikan serius.

Top Mortar gak takut hujan reels

Misalnya, sambung Melki, pasien cuci darah, TBC, jantung, stroke, kanker tetap perlu mendapat perhatian serius. Di sinilah pentingnya distribusi nakes diatur dengan baik oleh pemerintah. “Jangan sampai ada pasien Covid-19 atau penyakit lainnya tidak mendapat pelayanan kesehatan yang baik,” pinta Melki sembari ingin memastikan bahwa obat-obatan, tabung oksigen, dan ventilator harus tersedia dengan cukup untuk kebutuhan pengobatan pasien Covid-19.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan