Sudahkah Anda Minum Kopi Hari Ini?

Segelas kopi hitam dapat membantu membakar lemak jahat di tubuh.

0
480
Hidangan kopi (Dok: Pixabay.com)
Pojok Bisnis

Kopi bagi sebagian orang ternyata bukan hanya sekedar minuman tapi juga sebagai medium relaksasi. Jika diracik dengan takaran yang tepat maka aroma dan rasa kopi diyakini dapat memberikan efek ketenangan pikiran dan perasaan.

Tidak hanya itu, berdasarkan beberapa penelitian, ternyata secangkir kopi yang disajikan tanpa gula dan cream bisa memberi manfaat kesehatan. Diantaranya:

Meningkatkan memori

Meminum kopi hitam di pagi hari, ternyata dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam dapat membantu meningkatkan daya memori dengan cara menjaga otak tetap aktif.

Top Mortar gak takut hujan reels

Saraf-saraf yang aktif akibat meminum kopi hitam, juga menurunkan resiko terkena penyakit demensia.

Membersihkan perut

Kopi memiliki sifat diuretic atau menyebabkan kita selalu ingin buang air kecil. Disaat inilah, racun-racun dan bakteri dalam tubuh akan keluar dalam bentuk urin. Ini membantu kamu membersihan perutmu dari berbagai macam bakteri.

Melindungi hati

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti dari program perawatan medis Kaiser Pemanente menyatakan, orang yang minum empat cangkir atau lebih kopi hitam per hari memiliki risiko hingga 80 persen lebih rendah terkena penyakit hati.

Meningkatkan kinerja fisik

Kafein yang terdapat dalam kopi hitam merangsang sistem saraf , memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Namun juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah .

Penelitian yang dilakukan oleh bagian ilmu biomedis Universitas Luton menyatakan, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12 persen.

Meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh

Kopi hitam adalah pembangkit tenaga antioksidan. Kopi hitam mengandung Vitamin B2, B3, B5, mangan, potasium, dan magnesium.

Mengurangi stres dan depresi

Stres merupakan masalah terbesar untuk tubuh. Pasalnya, stres merupakan penyebab banyak masalah kesehatan yang serius.

Namun minum secangkir kopi hitam ketika merasa tegang atau rendah dapat meningkatkan suasana hati secara instan dan membuat segalanya menjadi lebih baik.

Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin, neurotransmiter penting yang meningkatkan suasana hati.

Membakar lemak

Segelas kopi hitam dapat membantu membakar lemak jahat di tubuh. Kafein ditemukan di setiap biji kopi menjadi salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.

Penelitian yang dilakukan oleh departemen nutrisi Universitas London menyatakan, kafein dapat meningkatkan laju metabolisme hingga tiga sampai 11 persen.

Meningkatkan kinerja tubuh saat olahraga

Kopi hitam secara drastis meningkatkan kinerja fisik dan membantu mengeluarkan 100 persen potensi tenaga saat melakukan olahraga. Hal inilah yang menyebabkan para pelatih-pelatih olahraga merekomendasikan kopi sebelum memulai olahraga.

Jadi, sudahkah Anda minum kopi hari ini?

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan