Tonjolkan Kualitas untuk Bersaing dengan Produk Impor

0
126

Sudah beberapa tahun ini kegiatan yag berkaitan dengan gaya hidup sehat sudah digalakkan di kalangan masyarakat, dan salah satunya dengan melakukan olahraga. Kegiatan olah tubuh yang saat ini paling banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya di kawasan perkotaan adalah fitness dan senam. Dan seiring dengan menjamurnya tempat fitness dan senam, semakin meningkat pula kebutuhan dari peralatan fitness dan senam. Maka dari itu tidak heran bila saat ini pelaku usahanya sedikit demi sedikit kian bertambah.

Pemasaran langsung ke pihak fitness centre dan tempat senam memang terbilang cukup susah. Hal ini dikarenakan pihak jasa arena fitness kebanyakan menggunakan  produk-produk impor yang sudah memiliki brand dan kualitasnya pun sudah terjamin. Oleh karena itu, bagi pelaku usaha yang ingin memasarkan produk peralatan fitness dan senam bisa menawarkan ke perorangan terlebih dulu. Setelah memiliki ‘nama’, maka secara tidak langsung produknya akan dikenal banyak orang.

Untuk menjadikan produk buatannya memiliki ‘nama’ di kalangan pecinta kegiatan fitness dan senam, sebaiknya pelaku usaha harus menonjolkan kualitas produk yang tidak kalah dengan produk buatan impor. Oleh karena itu, pelaku usaha bisa menggunakan bahan baku yang berkualitas dan melakukan proses produksi dengan baik dan terperinci, agar produknya mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Selain memasarkan secara langsung ke konsumen, pelaku usaha juga bisa mempromosikan melalui media online, yakni website usaha, jejaring sosial, hingga toko online seperti tokobagus.com hingga berniaga.com. Pemasaran via online ini dimaksudkan agar bisa menggaet konsumen di luar wilayahnya. Dan untuk menyiasati persaingan usaha, sebaiknya pelaku usaha lebih inovatif dalam hal penyampaian pemasaran, dan mengedepankan kualitas produk, hingga memberikan pelayanan lebih yang mampu memuskan konsumen, sehingga mereka tidak lari ke produk pelaku usaha lain.

 

Oleh: Erdion Nurrahman

Pengamat Marketing dari PPM

Jalan Menteng Raya No.9, Jakarta Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.