Wuling Investasikan USD700 Juta, Indonesia Siap Jadi Pusat Produksi Mobil Listrik!

0
174
Wuling Investasikan USD700 Juta, Indonesia Siap Jadi Pusat Produksi Mobil Listrik!
Wuling Investasikan USD700 Juta, Indonesia Siap Jadi Pusat Produksi Mobil Listrik! (Dok Foto: Kemenperin)
Pojok Bisnis

Kementerian Perindustrian tengah memperkuat pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) dengan mengundang produsen otomotif global. Dalam pertemuan dengan Wuling Automobile Co., Ltd di Beijing, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengajak perusahaan tersebut untuk meningkatkan produksi di Indonesia dan menjadikan negara ini sebagai pusat produksi ekspor.

“Kami mengapresiasi Wuling sebagai salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan mobil listrik di Indonesia. Terlebih lagi, Wuling memilih Indonesia sebagai satu-satunya fasilitas manufaktur EV di luar Tiongkok,” ujar Menteri Agus pada Selasa (18/6).

Kontribusi Penting dalam Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Dengan pesatnya produksi EV Wuling di Indonesia, perusahaan ini juga memberikan kontribusi penting dalam pengembangan industri EV di tanah air. Menteri Agus menyampaikan dua hal utama kepada Wuling terkait bisnis mereka di Indonesia.

Pertama, agar Wuling meningkatkan dan mengoptimalkan kapasitas produksi di Indonesia.

PT Mitra Mortar indonesia

Menteri Agus menambahkan bahwa mereka melihat potensi besar yang telah ditunjukkan oleh Wuling dan percaya bahwa potensi tersebut dapat lebih dikembangkan di Indonesia.

Kedua, Menteri Agus mendorong Wuling untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekspor produk mereka ke seluruh dunia, di luar produk yang dibuat di Tiongkok, guna memenuhi permintaan pasar global.

Investasi dan Rencana Masa Depan Wuling

President Director PT SGMW Motor Indonesia, Mr. Shi Guoyong, menyebutkan bahwa selama tujuh tahun beroperasi di Indonesia, Wuling telah berinvestasi lebih dari USD700 juta dan telah mencapai sekitar 130.000 pembeli serta melakukan ekspor ke Thailand. “Wuling adalah pabrik pertama yang memproduksi mobil listrik dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri sebesar 40% pertama di Indonesia,” jelas Mr. Shi.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan dan insentif dari pemerintah Indonesia memungkinkan perusahaan untuk berinvestasi dengan lancar dan saat ini mampu memproduksi tiga jenis EV. Selain itu, Wuling berencana untuk meningkatkan investasi dengan menambah merek MG dalam jajaran produk EV yang diproduksi.

Mr. Shi juga mengungkapkan rencana masa depan Wuling Indonesia, termasuk menjajaki pasar Australia, New Zealand, Malaysia, dan Afrika Selatan, serta memproduksi EV jenis 7-seater MPV. Selain itu, Wuling berupaya meningkatkan sistem pasokan EV dengan menggandeng beberapa perusahaan Tiongkok untuk berinvestasi di Indonesia.

Mr. Shi menutup dengan menyatakan bahwa perusahaan berfokus pada pengembangan kendaraan listrik dengan meluncurkan produk berkualitas tinggi dan teknologi canggih untuk merek Wuling dan MG.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan