Puncak Libur Idul Adha, Garuda Indonesia Catat Layanan 73.434 Penumpang dalam Sehari

0
246
Puncak Libur Idul Adha, Garuda Indonesia Catat Layanan 73.434 Penumpang dalam Sehari
Puncak Libur Idul Adha, Garuda Indonesia Catat Layanan 73.434 Penumpang dalam Sehari (Ilustrasi Foto Pesawat Garuda Indonesia)
Pojok Bisnis

Garuda Indonesia Group memperkirakan akan melayani sekitar 335.819 penumpang selama libur Idul Adha tahun ini, yang berlangsung dari 13 Juni hingga 18 Juni 2024. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 5 hingga 8 persen dibandingkan periode sebelum liburan.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyebutkan bahwa dari total 335.819 penumpang tersebut, 165.195 di antaranya adalah penumpang dari merek utama Garuda Indonesia, sedangkan sekitar 170.624 penumpang berasal dari lini penerbangan berbiaya rendah (LCC) Citilink.

Irfan menjelaskan bahwa salah satu faktor peningkatan jumlah penumpang ini adalah karena bertepatan dengan liburan sekolah.

Faktor Peningkatan Jumlah Penumpang

Irfan menjelaskan bahwa periode libur Idul Adha kali ini bertepatan dengan dimulainya liburan sekolah, sehingga mereka akan terus memantau pergerakan penumpang yang dinamis. Hal ini disampaikannya dalam keterangannya pada Minggu (16/6).

PT Mitra Mortar indonesia

Selama periode tersebut, Garuda Indonesia Group telah mengoperasikan 2.587 penerbangan, termasuk penambahan kapasitas dengan menggunakan armada berbadan lebar dan setidaknya 14 penerbangan tambahan (extra flight).

Selain itu, pada puncak libur Idul Adha 1445 H yang jatuh pada Jumat (14/6), Garuda Indonesia Group telah melayani sebanyak 73.434 penumpang, dengan rincian 35.041 penumpang dilayani oleh Garuda Indonesia dan 38.393 penumpang oleh Citilink.

Pada puncak pergerakan penumpang selama long weekend Idul Adha, Irfan menyebutkan bahwa tingkat ketepatan waktu Garuda Indonesia Group mencapai 85 persen dari total 456 penerbangan yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Citilink.

Tujuan Penerbangan Favorit

Tujuan penerbangan dengan okupansi penumpang tertinggi meliputi Kota Denpasar, Kota Lombok, dan Medan. “Fokus kami adalah memastikan kelancaran operasional penerbangan selama periode ini,” tambah Irfan.

Irfan juga menekankan bahwa kesiapan armada dari Garuda Indonesia telah dioptimalkan dari segi kelaikan armada (airworthiness) untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang selama Idul Adha.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik. Kami berharap langkah-langkah proaktif yang kami ambil selama libur Idul Adha ini dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat di momen spesial mereka bersama keluarga,” tutup Irfan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan