Di Pameran Hannover Messe 2024, Indonesia Berperan dalam Revolusi Industri 4.0

0
183
Di Pameran Hannover Messe 2024, Indonesia Berperan dalam Revolusi Industri 4.0
Di Pameran Hannover Messe 2024, Indonesia Berperan dalam Revolusi Industri 4.0 (Dok Foto: Kemenperin)
Pojok Bisnis

Indonesia turut serta dalam Hannover Messe 2024, pameran industri terkemuka di Hannover, Jerman, yang merupakan salah satu acara terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Pameran tersebut memperlihatkan kemajuan teknologi, inovasi, dan kolaborasi global.

Partisipasi Indonesia pada tahun ini merupakan kelanjutan dari peran sebagai Official Partner Country pada Hannover Messe 2023 dan merupakan bagian dari upaya berkelanjutan dari kebijakan Making Indonesia 4.0.

Hal ini sejalan dengan tujuan meningkatkan ekspor, investasi, dan kerja sama industri serta memperkuat branding Indonesia sebagai salah satu pemain utama dalam industri manufaktur dunia.

Menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, program Making Indonesia 4.0 bertujuan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di sejumlah sektor ekonomi, termasuk sektor kendaraan listrik, biofuel, dan sumber daya terbarukan. Hal ini disampaikan saat pembukaan Paviliun Indonesia pada Hannover Messe 2024.

PT Mitra Mortar indonesia

Komitmen Indonesia untuk Masa Depan Berkelanjutan

Menperin juga menyoroti pentingnya peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam menjalankan transformasi ekonomi melalui inovasi dan teknologi, dengan fokus pada industri hilir dan ekonomi hijau. Indonesia menargetkan investasi sebesar USD 545,3 miliar untuk 21 komoditas dalam peta jalan hilirisasi hingga tahun 2040, serta 23% energi dari sumber terbarukan pada tahun 2025.

Indonesia memamerkan beragam produk inovatif dan solusi industri di Hannover Messe, sebagai bukti komitmennya dalam menyumbangkan nilai tambah bagi pasar global. Sembilan perusahaan dari berbagai sektor industri turut serta sebagai co-exhibitor di Paviliun Indonesia.

Kehadiran Indonesia di Hannover Messe menunjukkan keseriusannya dalam mengikuti perkembangan industri global dan ekosistem inovasi yang berkembang pesat. Dengan berbagai sektor industri yang ditawarkan, seperti manufaktur, teknologi produksi, energi, otomatisasi, dan teknologi informasi, Indonesia siap memberikan kontribusi signifikan di acara ini.

Menperin menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pelaku industri, pemerintah, institusi akademik, dan komunitas, untuk mengembangkan industri yang cerdas, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Hannover Messe 2024 menjadi kesempatan bagi bisnis Indonesia untuk menjalin kemitraan strategis, mengeksplorasi pasar baru, dan memperluas jaringan teknologi dengan mitra internasional.

Dengan fokus pada Industri 4.0, keberlanjutan, dan transformasi digital, Indonesia bertujuan untuk menjadi pemain kunci dalam membentuk masa depan industri global.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan